Sukses


MotoGP: Perpanjang Kontrak, Marquez Usik Ketenangan Rossi

Jakarta Pembalap Spanyol, Marc Marquez menghentikan spekulasi tentang kemungkinan dirinya pindah tim MotoGP dari Honda Repsol. The Baby Alien telah menyatakan sepakat untuk membarui kontrak hingga 2020 mendatang.

Ini bukan hanya terkait masalah negosiasi gaji yang diterimanya. Melainkan, karena ada satu hal yang membuatnya memilih bertahan di Honda.

Salah satu alasan mendasarnya adalah keberadaan mesin RC213V 2018 yang membuat The Baby Alien memutuskan bertahan. Pasalnya, dalam dua tes pramusim di Malaysia dan Thailand, juara dunia MotoGP musim lalu itu tampak kompetitif dan ini sesuai dengan harapannya.

Loyalitas Marquez bersama Honda tentunya bisa berbahaya buat para pesaing lainnya. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir sukses, Honda melakukan evolusi terhadap mesin yang digendong RC213V.

Tak heran, keyakinan Marquez untuk merebut gelar juara dunia dalam tiga musim ke depan makin besar.

Kesepakatan itu tentunya menjadi kabar buruk buat Valentino Rossi. Betapa tidak, Marquez bisa mengancam jumlah trofi yang diraih The Doctor. Saat ini, Marquez sudah mengemas total enam gelar juara dunia di tiga kelas berbeda yakni 125cc (2010), Moto2 (2012), MotoGP (2013, 2014, 2016, 2017).

 

2 dari 4 halaman

Samai Rekor Rossi?

Sementara Rossi diketahui sudah mengemas gelar juara dunia sebanyak sembilan kali. Artinya, ada kesempatan Marquez untuk menyamakan catatan seniornya tersebut tanpa harus meninggalkan Honda.

Sebenarnya ada banyak hal yang akan dibuat Marquez selama menunggangi motor Honda di tiga tahun ke depan. Mulai dari mengancam gelar Rossi hingga catatan pembalap Honda yang meraih kemenangan terbanyak.

Berikut Skenario yang bakal bibuat Marquez hingga 2020 mendatang:

3 dari 4 halaman

1. Pembalap dengan Kemenangan Terbanyak di tim Honda

Sudah banyak pembalap top dunia yang merasakan motor Honda di kelas utama. Valentino Rossi misalnya. Selama empat tahun menunggangi motor Honda (2000, 2001, 2002, dan 2003), pembalap berambut keriting itu sudah mengoleksi 89 kemenangan.

Keberhasilan itu menempatkannya sebagai pembalap tersukses Honda yang meraih kemenangan terbanyak bersama mesin RC213V. Sementara Marquez saat ini menduduki peringkat ketujuh dengan koleksi 35 kemenangan.

Tapi Marquez masih punya waktu tiga tahun untuk merebut setiap kemenangan. Karena ada 57 kemenangan (melihat jumlah 19 balapan) yang bisa direbut Marquez hingga 2020 mendatang.

 

4 dari 4 halaman

2. Ancam Rekor Kemenangan Jorge Lorenzo

Mengacu pada kemenangan di semua kategori, Marquez berada di urutan keenam dengan koleksi 61 kemenangan. Posisi pertama masih diduduki Giacomo Agostini dengan 122 podium pertama.

Masih terlalu jauh untuk memikirkan apakah Marquez mampu menyamai catatan legenda balap asal Italia tersebut. Namun bukan berarti dia tidak mampu naik peringkat.

Salah satu yang bakal terancam posisinya adalah Jorge Lorenzo. Ya, Marquez hanya butuh empat podium pertama untuk menyamai catatan kemenangan X-Fuera di semua kategori.

(David Permana)

Video Populer

Foto Populer