Sukses


5 Fakta Menarik Jelang MotoGP Qatar

Losail - Atraksi para pembalap MotoGP bakal segera kembali dan dimulai di seri Qatar yang berlangsung pertengahan Maret ini. Adu kuat dan cepat bakal dipertontonkan para pembalap demi supremasi di MotoGP.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, MotoGP Qatar jadi seri perdana. Para pembalap siap beradu cepat di lintasan Sirkuit Losail, Qatar, setelah melakoni sejumlah tes pramusim.

Pengujian di Sirkuit Losail sudah berlangsung selama dua hari. Pada tes terakhir sirkus MotoGP akan menjajal trek basah yang dimodifikasi Race Direction. Ini untuk mengetahui apakah pembalap terganggu pantulan cahaya.

Sebab, balapan seri perdana MotoGP di Qatar bakal berlangsung pada malam hari waktu setempat. Sebelum terlalu jauh membahas persaingan yang terjadi di balapan pertama MotoGP, tak ada salahnya untuk mengintip mengenai statistik para peserta di kelas utama tahun ini.

2 dari 3 halaman

32 Pembalap Peraih Titel

Menurut data yang diperoleh dari GPOne, Sabtu (3//3/2018), menyebut ada 32 pembalap yang sudah meraih titel sebagai juara dunia dengan 215 kemenangan di kejuaraan Grand Prix. Hanya tiga pembalap yang masih tanpa kemenangan.

Sementara Valentino Rossi terdaftar sebagai pembalap tertua yang berhasil mengoleksi sembilan gelar juara dunia dengan 115 kemenangan. Prestasi tersebut menempatkan Rossi berada di urutan pertama dalam daftar statistik MotoGP yang diuraikan Martin Raines.

Sedangkan pembalap termuda dari 19 peserta dipegang oleh Alex Rins. Itu merupakan gambaran dari statistik MotoGP tahun ini. Masih banyak data yang kemungkinan belum diketahui para penggemar.

3 dari 3 halaman

5 Fakta Penting MotoGP 2018

Berikut catatan penting dan menarik jelang MotoGP 2018:

1. Ada lima pendatang baru yang bakal menjajal persaingan di kelas utama tahun ini. Mereka adalah Franco Morbidelli, Tom Luthi, Xavier Simeon, Takaaki Nakagami dan Hafizh Syahrin.

2. Ada 12 pembalap yang terdaftar sebagai juara dunia MotoGP tahun ini. Total, mereka setidaknya telah mengumpulkan 32 label sebagai juara dunia. Ini merupakan rekor baru dalam sejarah gelaran MotoGP.

3. Sembilan pembalap dalam daftar peraih gelar juara telah memenangkan balapan di kelas utama. Mereka secara keseluruhan telah mengemas 215 podium pertama di kelas utama dan ini jumlah tertinggi yang pernah ada dari pemenang GP kelas utama untuk pembalap di kelas MotoGP.

4. Dari 21 pembalap yang terdaftar di MotoGP, memiliki setidaknya satu kemenangan dari tiga kelas balapan grand prix, dengan total gabungan kemenangan Grand Prix 461. Hanya ada tiga pembalap yang belum memenangkan balapan, yakni Aleix Espargaro, Danilo Petrucci dan Hafizh Syahrin.

5. Pada bagian terakhir ada nama Valentino Rossi. Dia disebut sebagai pembalap tertua (39 tahun). Sementara Alex Rins berada sebagai pembalap termuda (22 tahun-100 hari). (David Permana)

Video Populer

Foto Populer