Sukses


Diikuti 11 Tim dan 22 Pebalap, Ini Daftar Lengkap Peserta MotoGP 2020

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Sepang, Malaysia bakal jadi tempat tes shakedown atau persiapan MotoGP 2020, 2-4 Februari. Kemudian tanggal 7-9 Februari, di tempat sama berlangsung sesi tes pramusim.

Artinya MotoGP 2020 sudah semakin dekat. Kini total sebelas tim dan 22 pebalap sedang bersiap menatap musim baru yang dimulai dengan lomba di Sirkuit Losail, Qatar, 8 Maret.

Tidak banyak perubahan pada komposisi pebalap musim ini. Mengingat mayoritas pebalap mengantongi kontrak sampai penghujung MotoGP 2020.

Namun operasi perpindahan pebalap paling gempar adalah Alex Marquez yang mengisi pos Jorge Lorenzo di Repsol Honda. seperti diketahui, Lorenzo memutuskan pensiun akhir tahun 2019.

Artinya Repsol Honda bakal memiliki komposisi pebalap kakak-adik: Marc Marquez dan Alex. Ini kali pertama pada era MotoGP, ada pebalap kakak-adik dalam satu tim.

 

Video

2 dari 3 halaman

Tiga Rookie

Perubahan juga terjadi di kubu KTM. Kursi tim pabrikan tim Red Bull KTM Factory Racing menjadi milik rider Moto2, Brad Binder.

Lalu selain Alex dan Binder, ada satu rookie atau debutan lainnya di MotoGP 2020. Adalah Iker Lecuona yang menggantikan Hafizh Syahrin di tim satelit Red Bull KTM Tech 3. Alhasil ada tiga pebalap rookie di MotoGP musim ini.

Baru dapat kursi pada momen akhir dirasakan eks pebalap KTM, Johann Zarco. Usai sesi tes di Sirkuit Valencia, akhir November lalu, ia dikontrak tim satelit Ducati, Avintia sebagai pengganti Karel Abraham.

Padahal sebelumnya Zarco terancam gagal dapat kursi di MotoGP 2020. Maklum ia mengakhiri kariernya bersama KTM pada pertengahan musim 2019.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pebalap MotoGP 2020

Repsol Honda: Marc Marquez, Alex Marquez*

Monster Yamaha: Maverick Vinales, Valentino Rossi

Ducati: Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci

Petronas Yamaha Sepang: Franco Morbidelli, Fabio Quartararo

Suzuki: Alex Rins, Joan Mir

Pramac Ducati: Francesco Bagnaia, Jack Miller

LCR Honda: Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami

Red Bull KTM: Pol Espargaro, Brad Binder*

Tech3 KTM: Miguel Oliveira, Iker Lecuona*

Aprilia Gresini: Aleix Espargaro, Andrea Iannone

Avintia Racing: Johann Zarco, Tito Rabat

Keterangan: *pebalap rookie atau debutan

Video Populer

Foto Populer