Sukses


3 Rekor Spesial yang Menunggu Valentino Rossi di MotoGP Republik Ceska 2020

Bola.com, Jakarta Beberapa rekor spesial sudah menanti Valentino Rossi pada balapan MotoGP Republik Ceska di Sirkuit Brno, akhir pekan ini. Setidaknya ada tiga catatan istimewa yang ditorehkan The Doctor, tentu saja dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi. 

Seperti dilansir Crash, Selasa (4/8/2020), dua pekan lalu, statistik resmi MotoGP mengonfirmasi Valentino Rossi (41 tahun dan 161) adalah pembalap pertama yang berusia 41 tahun atau lebih yang berdiri di podium kelas premier sejak Jack Findlay pada 1977 (42 tahun dan 85 hari).

Selain itu, peringkat ketiga pada MotoGP Andalusia itu juga menjadi podium ke-199 Rossi di kelas premier. 

Raihan podium tersebut sangat melegakan bagi Valentino Rossi. Pembalap asal Italia itu akhirnya berhasil menyudahi paceklik podium yang berlangsung selama 17 balapan beruntun. 

Rossi berharap dia tak perlu menunggu lama untuk mengukir podium ke-200 di kelas premier. Dia berharap rekor spesial itu akan dibukukannya pada balapan MotoGP Republik Ceska 2020, Minggu (9/8/2020).  

Jika berhasil mengukir podium ke-200 sepanjang kariernya di kelas premier, Rossi unggul hampir dua kali lipat atas peringkat kedua di kategori itu, yaitu Jorge Lorenzo (114 podium). '

Dani Pedrosa menempati posisi ketiga dalam daftar tersebut dengan 112 podium, sedangkan Marc Marquez di posisi keempat dengan 95 kali. 

Namun, bukan hanya itu rekor spesial yang menunggu Valentino Rossi di MotoGP Republik Ceska 2020. Apa rekor lainnya? 

 

2 dari 3 halaman

2 Rekor Lain

Rekor kedua yang menunggu Rossi adalah mempertajam jarak terpanjang antara podium pertama dan terakhir di kelas premier. Catatan spesial itu sudah lama menjadi miliknya.

Jarak podium pertama dan terakhir Rossi di kelas premier adalah 20 tahun 87 hari. Adapun pesaing terdekatnya di kategori itu adalah Alex Baros, dengan jarak 14 tahun 341 hari.  

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang memenangi MotoGP Jerez dan Andalusia, baru berusia 1 tahun dan 10 hari ketika Rossi kali pertama meraih podium di kelas premier. Momen itu diukirnya pada Grand Prix 2000 di Jerez. 

Masih ada satu rekor lainnya. Jika bisa kembali naik podium pada akhir pekan ini di Brno, Rossi akan menjadi pembalap tertua yang mencatatkan back to back podium di kelas premier sejak Jack Ahearn pada 1966 (41 tahun dan 282 hari) 

Sumber: Crash 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer