Sukses


Valentino Rossi Menuju Podium ke-200 di Kelas Premier, 3 Lomba Ini Disebutnya Paling Spesial

Bola.com, Jakarta - Valentino Rossi sukses meraih podium ke-199 di kelas premier ketika finis ketiga pada seri kedua MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir Juli lalu.

Kini menuju seri ketiga di Sirkuit Brno, Reoublik Ceska, Valentino Rossi berpeluang merasakan podium ke-200.

Sebelum mengikuti rangkaian MotoGP Republik Ceska, Jumat (7/8/2020), Rossi pun ditanya soal podium paling spesial dalam kariernya dari total raihan sebanyak 199.

Secara khusus, pembalap Monster Yamaha MotoGP ini menyebut nama tiga balapan. "199 adalah angka yang besar, saya sangat bangga," Rossi membuka wawancara.

"Saya pikir podium terbaik saya sejauh ini adalah Welkom 2004 (di Afrika Selatan), Barcelona 2009, dan Laguna Seca 2008. Ini semua kemenangan dan podium penting buat saya," tambahnya.

Pembaca penasaran sebenarnya momen apa yang dirasakan Valentino Rossi di tiga balapan tersebut? Berikut Bola.com berikan ulasan singkat.

2 dari 5 halaman

1. Afrika Selatan 2004

Valentino Rossi mengukir sejarah di MotoGP Afrika Selatan pada 2004. Dia menjadi pebalap pertama dalam sejarah MotoGP yang memenangi dua balapan beruntun dengan dua pabrikan berbeda, Honda dan Yamaha.

MotoGP Afrika Selatan pada 2004 merupakan balapan debutnya bersama Yamaha setelah meninggalkan Honda. Balapan ini bertambah mengesankan karena Rossi menang dramatis atas rival beratnya, Max Biaggi.

Sepanjang balapan, Biaggi beberapa kali menyalip Rossi dengan aksi-aksi menarik, yang tentu saja dibalas oleh Rossi. Mereka terus berduel ketat hingga tiga tikungan terakhir dari garis finis. The Doctor akhirnya menang hanya dengan selisih 0,210 detik.

3 dari 5 halaman

2. Barcelona 2009

Duel antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di MotoGP Catalunya 2009 dinilai sebagai salah satu yang cukup legendaris. Saat itu, Rossi berhasil menyalip Lorenzo di tikungan terakhir lap terakhir, saat Lorenzo mungkin berpikir tak terkejar lagi.

Duel kedua pebmalap diwarnai aksi salip hingga berkali-kali. Pertarungan itu mencapai titik puncak pada lap terakhir. Rossi di luar dugaan melakukan manuver agresif untuk menyalip di tikungan terakhir dan melewati garis finis pertama. Dia hanya unggul 0,095 detik atas Lorenzo.

4 dari 5 halaman

3. Laguna Seca 2008

Rivalitas sengit antara Rossi dengan Casey Stoner makin panas setelah balapan MotoGP AS 2008, yang hampir berujung bencana.

Pada balapan itu, kedua pembalap terlibat duel sengit. Rossi beberapa kali melakukan manuver yang berisiko pada balapan tersebut.

Duel kedua pembalap mencapai puncaknya saat balapan menyisakan sembilan lap. Sebuah manuver dari Rossi, membuat Stoner kalah karena keluar dari lintasan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer