Sukses


Raih Podium MotoGP untuk Pertama Kali, Franco Morbidelli Berikan Tribute untuk Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Pembalap Petronas Yamaha SRT asal Italia, Franco Morbidelli, berhasil meraih podium kedua dalam MotoGP Republik Ceska 2020 di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020). Meraih podium pertamanya di kelas premier MotoGP, Franco Morbidelli memberikan tribute istimewa untuk mentor yang juga beradu balap dengannya, Valentino Rossi.

Franco Morbidelli berhasil finis di urutan kedua dalam MotoGP Republik Ceska kali ini. Ia mencatatkan waktu 41 menit 44,030 detik, atau 5,266 detik di belakang Brad Binder yang menjadi pemenang dalam seri kali ini.

Podium kedua dalam MotoGP Republik Ceska ini menjadi pertama kalinya Franco Morbidelli berdiri di podium sejak beraksi di kelas premier MotoGP pada musim 2018. Keberhasilan ini dipersembahkannya untuk sang mentor yang juga ikut balapan kali ini, Valentino Rossi.

"Saya bisa berada di sini karena dirinya, karena dia percaya kepada saya yang sebelumnya bukan siapa-siapa. Saya tahu ada situasi yang sedikit aneh karena kami harus saling balap," ujar Franco Morbidelli.

"Namun, ketika balapan akhirnya selesai, ia adalah teman baik saya yang luar biasa. Ia sudah seperti paman saya, bahkan lebih dari itu. Jadi ketika balapan selesai, saya hanya ingin memeluknya, dan memeluk teman-teman yang lain. Itu adalah momen yang luar biasa," lanjut kompatriot Valentino Rossi itu.

2 dari 4 halaman

Awal yang Baik

Franco Morbidelli mengawali balapan di Sirkuit Brno, Republik Ceska, dari posisi ketiga. Ia berada di posisi tersebut berkat catatan waktu 1 menit 55,998 detik yang dicetaknya saat kualifikasi.

Franco Morbidelli mengawali balapan di belakang Johann Zarco yang berada di pole position, dan rekan setimnya, Fabio Quartararo. Ia berhasil melesat bersama Brad Binder setelah Fabio Quartararo harus mundur perlahan hingga finis di posisi ketujuh. 

Raihan ini menjadi awal yang baik bagi Mordibelli. Alasannya, pembalap asal Italia itu berhasil finis di peringkat kelima pada seri pembuka, yaitu MotoGP Jerez.

Bahkan ia berada di posisi depan ketika memulai balapan di seri kedua, yaitu MotoGP Andalusia, hingga akhirnya masalah yang dialami motornya membuat pembalap Petronas Yama SRT itu gagal melanjutkan balapan.

Podium kedua di Brno membuat Morbidelli saat ini berada di peringkat ketiga dalam klasemen pembalap MotoGP 2020 dengan 31 poin.

3 dari 4 halaman

Perjuangan Valentino Rossi

Sementara itu, Valentino Rossi yang baru saja meraih podium lagi pada seri MotoGP Andalusia harus memulai balapan di Brno dari posisi ke-10. Namun, pembalap veteran tersebut mampu bersaing ketat hingga perlahan tapi pasti memperbaiki posisinya.

Pertarungannya dengan Alex Rins dalam beberapa lap terakhir justru menjadi lebih menarik dari keberadaan Binder dan Morbidelli yang sudah berada di dua posisi terdepan. Hingga akhirnya, Alex Rins mampu mengungguli pertarungannya dengan Rossi.

Valentino Rossi harus puas finis di peringkat kelima dalam balapan kali ini dan sementara waktu berada di peringkat ketujuh dengan 27 poin dalam klasemen pembalap.

Sumber: Twitter MotoGP

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer