Sukses


6 Pembalap MotoGP 2020 yang Pernah Juara di Red Bull Ring: Tidak Ada Nama Valentino Rossi dan Marc Marquez

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Red Bull Ring, Austria bakal jadi tempat balapan seri keempat MotoGP 2020, akhir pekan ini. Red Bull Ring sendiri terbilang sirkuit baru di ajang MotoGP. 

Pasalnya tipe sirkuit cepat ini baru menggelar Kejuaraan Dunia Balap Motor pada musim 2016 setelah sempat mengalami renovasi besar-besaran. Dahulu trek bernama A1-Ring.

Menariknya Red Bull Ring merupakan salah satu trek di mana juara dunia sembilan sekali, Valentino Rossi belum pernah merasakan kemenangan. 

Prestasi terbaik Valentino Rossi pada MotoGP Austria terjadi musim lalu. Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP ini finis keempat. Hal sama berlaku untuk Marc Marquez

Diketahui, Marc Marquez masih sekadar nyaris untuk menang di Red Bull Ring. Dia merupakan runner-up MotoGP Austria tiga edisi terakhir. 

Sayangnya pembalap Repsol Honda itu dipastikan absen untuk edisi 2020 lantaran masih dalam pemulihan cedera. Jadi siapa saja pembalap MotoGP 2020 yang pernah menang di Red Bull Ring?  

2 dari 8 halaman

1. Andrea Dovizioso

Pembalap MotoGP 2020 dengan rapor terbaik saat mengaspal di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Sejak Red Bull Ring kembali menggelar balapan MotoGP pada musim 2016, ia selalu naik podium.

Dimulai finis kedua edisi 2016. Lalu berturut-turut menempati posisi pertama tahun 2017, podium ketiga musim 2018, dan kembali menang tahun lalu.

Sayangnya tren performa Andrea Dovizioso dan Ducati sedang buruk pada awal musim MotoGP 2020. Namun di atas, karakteristik Sirkuit Red Bull Ring merupakan makanan empuk untuk motor Ducati Desmosedici.

3 dari 8 halaman

2. Brad Binder

Jika melihat rekam jejak performa Brad Binder di Sirkuit Red Bull Ring, pembalap asal Afrika Selatan ini memang punya rapor bagus.

Tercatat ia bahkan pernah menang di trek yang punya karakteristik cepat ini saat masih di Moto2 tahun lalu. Dia mengalahkan Alex Marquez dengan selisih 0,330 detik.

Ketika masih di kelas Moto3 2016, Brad Binder juga bisa naik podium ketiga. Fakta ini merupakan jaminan, setidaknya lay out Sirkuit Red Bull Ring memang sudah dikuasai sang pembalap.

 

4 dari 8 halaman

3. Joan Mir

Pembalap Suzuki, Joan Mir juga punya rapor positif di Sirkuit Red Bull Ring. Dia bahkan pernah menang dua musim berturut-turut.

Tepatnya ketika ia masih di kelas Moto3 pada musim 2016 dan 2017. Kemenangannya di Moto3 Austria 2016 bahkan podium pertama dirinya pada Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Satu musim berikutnya, berkat kemenangan di Red Bull Ring, Joan Mir menahbiskan diri sebagai juara dunia Moto3 2017 pada akhir musim.

5 dari 8 halaman

4. Johann Zarco

Johann Zarco adalah pemenang balapan Moto2 Austria musim 2016. Kemenangan ini turut mengantarkan dirinya menjadi juara dunia Moto2 2016.

Satu musim berikutnya, ia naik kelas ke MotoGP dan hasil terbaiknya ketika mengaspal di Sirkuit Red Bull Ring yaitu finis urutan lima pada musim 2017.

Untuk edisi 2018 dan 2019, Johann Zarco hanya finis urutan sembilan dan 12.

6 dari 8 halaman

5. Franco Morbidelli

Saat di Moto2, Franco Morbidelli punya rekam jejak manis setiap kali mengaspal di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Dua edisi berturut-turut pada musim 2016 dan 2017, ia bisa finis kedua dan berstatus pemenang. Pada musim 2018, ia naik kelas ke MotoGP, tapi belum lagi mengecap prestasi di Red Bull Ring.

Namun melihat performa sang pembalap di MotoGP Repubik Ceska, di mana bisa finis kedua, nama anak didik Valentino Rossi ini layak diperhitungkan untuk MotoGP Austria 2020.

7 dari 8 halaman

6. Pecco Bagnaia

Pembalap Pramac Ducati, Pecco Bagnaia juga punya rapor positif ketika mengaspal di Sirkuit Red Bull Ring. Dia pernah jadi terbaik pada Moto2 Austria 2018.

Akhir musim, anak didik Valentino Rossi ini keluar sebagai juara. Musim beriktunya, ia naik kelas ke MotoGP dan merasakan finis ketujuh saat masuk putaran di Red Bull Ring.

Sayangnya Pecco Bagnaia kemungkinan absen pada MotoGP Austria 2020. Pasalnya ia baru saja menjalani operasi usai kecelakaan pada latihan bebas MotoGP Republik Ceska, akhir pekan lalu.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Momen-Momen di MotoGP Catalunya, Valentino Rossi Crash Hingga Fabio Quartararo Juara

Video Populer

Foto Populer