Sukses


3 Pembalap Tim Pabrikan Ini Turun Kasta ke Tim Satelit pada MotoGP 2021: Satu di Antaranya Berstatus Ikon Lho

Bola.com, Jakarta - Seperti prediksi sebelumnya, bursa perpindahan pembalap untuk MotoGP 2021 bakal ramai. Karena hampir semua pembalap belum memiliki kontrak.

Kini setelah MotoGP 2020 menggelar delapan seri, tinggal lima kursi kosong tersisa untuk MotoGP 2021 dan beberapa bahkan tinggal menunggu pengumuman resmi siapa tuannya.

Sejauh ini begitu banyak kejutan terjadi pada bursa perpindahan pembalap menuju MotoGP 2021. Ada pembalap dari tim satelit yang naik kelas ke tim pabrikan.

Untuk kategori ini ada Jack Miller yang direkrut Ducati dari tim satelit mereka, Pramac Racing. Lalu Fabio Quartararo, meninggalkan Petronas Yamaha untuk mendepak Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha.

Kemudian ada juga pembalap yang hengkang dari satu pabrikan ke merek lain. Contohnya Pol Espargaro, meninggalkan KTM yang ia bangun dari nol untuk menjadi rekan setim Marc Marquez di tim Repsol Honda.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa nama pembalap pabrikan yang justru harus turun kelas ke tim sattelit. Sejauh ini ada 3 nama yang merasakannya.

Siapa 3 nama pembalap itu? Satu di antaranya berstatus pembalap top dan ikon MotoGP lho. Siapa dia? Berikut daftar tiga nama tersebut.

2 dari 3 halaman

3 Pembalap dari Tim Satelit ke Tim Pabrikan

  • 1. Valentino Rossi

Valentino Rossi akhirnya meninggalkan Yamaha, tim pabrikan yang sudah ia antar jadi juara dunia sebanyak empat kali. Pada MotoGP 2021, Yamaha memutuskan merekrut Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha.

Sebagai gantinya, Valentino Rossi pun harus memperkuat tim satelit Petronas Yamaha dengan menggenggam kontrak berdurasi satu musim. Meski tim satelit, Rossi sudah dijamin mendapat perlakuan layaknya factory rider, termasuk aspek teknis seperti motor.

 

  • 2. Alex Marquez

Nasibnya paling buruk. Karena ia dipastikan turun ke tim satelit LCR Honda pada MotoGP 2021 ketika Alex Marquez bahkan belum turun satu balapan pun bersama Repsol Honda pada musim 2020.

Honda 'menyekolahkan' Alex Marquez ke LCR Honda lantaran tim pabrikan meminang Pol Espargaro dari KTM. Konon keputusan ini sempat membuat sang kakak, Marc Marquez kecewa berat meski yang bersangkutan telah membantahnya.

 

  • 3. Danilo Petrucci

Sempat dianggap pembalap masa depan Ducati di MotoGP. Setelah dirinya merasakan kemenangan pada MotoGP Italia 2019. Tapi setelah itu, kariernya terus merosot.

Ducati pun mengambil langkah tegas dengan merekrut Jack Miller dari tim Pramac. Beruntung karier Danilo Petrucci diselamatkan tim satelit KTM, Tech 3. Kabar baiknya, sepanjang MotoGP 2020, KTM membuktikan punya motor kompetitif. Pembalap KTM Tech 3, Miguel Oliveira bahkan sudah merasakan kemenangan.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer