Sukses


5 Tim yang Kiprahnya Begitu Ditunggu di MotoGP 2021: di Antaranya Pasangan Guru Murid, Franco Morbidelli dan Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Hampir setiap tahunnya, ketika MotoGP menatap musim baru, selalu banyak teka-teki menarik yang membuat kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor sangat dinantikan. 

Hal sama berlaku untuk MotoGP 2021. Apalagi jika melihat jalannya persaingan musim 2020, di mana muncul banyak pembalap berbeda yang bisa finis pertama dan naik podium. 

Tren serupa diprediksi bakal terjadi lagi pada musim 2021. Alasan paling utama karena dipastikan semua tim masih memakai mesin tahun sebelumnya. 

Belum lagi pandemi virus corona yang masih terus menghantui. Artinya jumlah balapan dan sirkuit mana saja yang akan menggelar MotoGP 20201 masih bisa berubah. 

Semakin menarik menuju MotoGP 2021 begitu banyak perpindahan pembalap di tim-tim besar. Sebut saja Valentino Rossi yang akan memperkuat tim satelit Petronas Yamaha SRT. 

Lalu sebagai gantinya, Fabio Quartararo naik kelas ke tim pabrikan Monster Energy Yamaha. Bola.com pun mencatat ada lima tim yang performanya paling dinantikan pada MotoGP 2021. 

Siapa saja mereka? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui jawabannya. 

 

2 dari 7 halaman

1. Alex Rins dan Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Duo yang dipastikan jadi sorotan utama pada MotoGP 2021. Maklum Joan Mir berstatus sebagai juara dunia musim sebelumnya. Dibandingkan pabrikan lain, Suzuki pun punya kelebihan menatap musim ini.

Adalah fakta mereka masih diperkuat dua pembalap yang sama: Alex Rins dan Joan Mir. Apalagi mesin motor pada MotoGP 2021 masih sama seperti musim lalu. Artinya di atas kertas, motor Suzuki bakal kembali menakutkan.

Konsistensi kembali jadi kekuatan para pembalap Suzuki dan berpeluang mengantarkan Mir dan Rins bersaing jadi juara dunia MotoGP 2021.

3 dari 7 halaman

2. Fabio Quartararo dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)

Tim pabrikan Yamaha membuka lembaran baru pada ajang MotoGP 2021. Ya, mereka tidak lagi diperkuat sosok Valentino Rossi. Sebagai gantinya, mereka merekrut pembalap yang cukup lama berstatus sebagai pimpinan klasemen di MotoGP 2020, Fabio Quartararo.

Di atas kertas, duet Fabio Quartararo dan Maverick Vinales sangat kuat. Bahkan bisa dibilang paling menjanjikan dibandingkan tim lainnya. Keduanya menawarkan kecepatan, rasa lapar akan kemenangan dan ambisi besar.

Masalahnya apakah Yamaha bisa memberikan motor terbaik untuk Fabio Quartararo dan Maverick Vinales? Karena seperti diketahui, Yamaha merupakan pabrikan dengan kemenangan terbanyak di MotoGP 2020 tapi saat yang sama juga memiliki problem keandalan motor paling sering.

4 dari 7 halaman

3. Franco Morbidelli dan Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT)

Nama tim Petronas Yamaha SRT dipastikan semakin disorot lantaran kehadiran sosok Valentino Rossi. Apalagi Valentino Rossi berduet dengan Franco Morbidelli yang notabene muridnya di akademi VR46.

Kolaborasi antara Franco Morbidelli dan Valentino Rossi bakal menjadikan Petronas Yamaha SRT sebagai tim yang paling solid di MotoGP 2021. Namun seperti tim pabrikan Yamaha, potensi Morbidelli dan Rossi juga bergantung kepada faktor apakah motor YZR-M1 cukup kompetitif.

Hanya saja mengingat Morbidelli merupakan runner-up MotoGP 2020 meski menggunakan motor 2019 plus kehadiran Rossi pantas rasanya menjadikan Petronas Yamahan SRT sebagai tim yang layak ditunggu performanya musim 2021.

5 dari 7 halaman

4. Pol Espargaro dan Marc Marquez (Repsol Honda)

Dengan segala teka-teki terkait kondisi cedera Marc Marquez, sangat menarik ditunggu apakah Repsol Honda kembali menjadi tim biasa saja seperti MotoGP 2020.

Ya tidak bisa dimungkiri, bisa atau tidaknya Marc Marquez turun dalam kondisi fit musim 2021 bakal menentukan nasib tim ini.

Apalagi Repsol Honda juga merekrut pembalap baru untuk mendampingi Marc Marquez, Pol Espargaro. Ya, Pol sangat kompetitif bersama KTM. Tapi patut diingat, pembalap sekaliber Jorge Lorenzo sangat sulit beradaptasi cepat di Honda.

6 dari 7 halaman

5. Jack Miller dan Pecco Bagnaia (Ducati)

Ducati berstatus kandidat juara dunia MotoGP beberapa musim terakhir. Itu karena keberadaan Andrea Dovizioso yang telah terbukti sebagai satu-satunya pembalap yang bisa secara konsisten menantang Marc Marquez.

Namun situasi di atas berubah pada MotoGP 2021. Ducati tidak lagi diperkuat Andrea Dovizioso. Sebagai gantinya mereka mengorbitkan dua pembalap dari tim satelit Pramac: Jack Miller dan Pecco Bagnaia.

Menarik untuk ditunggu apakah Jack Miller dan Pecco Bagnaia bisa menjaga muruah Ducati sebagai tim kuat di MotoGP. Yang pasti bakat Miller dan Bagnaia tidak perlu diragukan lagi.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer