Sukses


Marc Marquez Kembalikan Gajinya ke Honda, Carlo Pernat: Itu Hanya Manuver Politis

Bola.com, Jakarta - Marc Marquez dikabarkan mengembalikan gajinya selama setahun kepada Repsol Honda dan Honda Racing Corporation (HRC) lantaran hanya mengikuti satu balapan di MotoGP 2020 akibat dibebat cedera. Menurut pengamat MotoGP, Carlo Pernat, tindakan itu hanya manuver politis. 

Disebut nilai bayaran yang diterima Marc Marquez dari pihak Honda selama semusim adalah 15 juta euro (sekitar Rp254 Miliar) per musim.

"Itu hanya salah satu manuver politis. Saya juga pasti akan melakukannya. Mereka telah membayarnya dan Marc jelas membuat gestur yang baik, membuat kesan yang baik untuk publik dan Honda, yang telah membuktikan merupakan perusahaan yang bagus, tetap membayarnya walaupun ia tidak balapan, tapi untuk semua yang telah dia menangkan," kata Carlo Pernat, seperti dilansir GP One, Senin (15/5/2021). 

"Jelas, Marc punya sesuatu yang disembunyikan. Dia juga harus disalahkan, dan dia telah mendapatkannya. Saya berharap dia kembali sesegera mungkin," sambung Pernat.

Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat dalam balapan MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez pada 19 Juli 2020, yakni insiden yang membuat tulang lengan atas kanannya patah dan harus dioperasi dua hari setelahnya untuk menanamkan plat titanium.

Ia berusaha kembali balapan di Rep Ceska, namun beberapa hari sebelum berangkat, yakni pada 3 Agustus 2020, plat titaniumnya patah saat hendak membuka jendela besar rumahnya yang ada di Cervera, Spanyol. Hari itu juga Marquez menjalani operasi kedua.

Sejak operasi itu, proses pemulihan Marquez menjadi sangat rumit dan bahkan harus absen semusim penuh. Usai Marquez menjalani pemeriksaan medis dan berkonsultasi dengan banyak dokter dan ahli kesehatan baik di Madrid, Spanyol, dan Austria, tulangnya diketahui mengalami infeksi.

Alhasil, Marquez harus menjalani operasi ketiga untuk cangkok tulang pada awal Desember lalu, dan diperkirakan butuh waktu enam bulan untuk pulih. Rider berusia 27 tahun ini terancam absen lagi dari dua uji coba pramusim dan dua seri pembuka MotoGP 2021 di Losail, Qatar, pada Maret nanti.

Diario AS pun melaporkan Marc Marquez mengembalikan gajinya sepanjang 2020 kepada Honda. pun berterima kasih atas niat baik Marc Marquez ini, namun pabrikan Sayap Tunggal dikabarkan menolaknya.

Menurut Honda, jika ada rider MotoGP yang berhak dapat gaji layak setiap hari, maka rider tersebut adalah Marc Marquez, karena telah berjasa mempersembahkan enam gelar dunia kepada mereka selama delapan musim terakhir.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Prediksi Comeback Marquez

Hingga saat ini, Honda belum mengumumkan dengan jelas kapan kira-kira Marc Marquez comeback ke lintasan. Sang pembalap masih menjalani pemulihan, hingga kondisinya 100 persen.  

"Dalam beberapa bulan belakangan ini, ada komunikasi yang lemah antara Honda dan para dokter. Mungkin mereka tidak yakin," ujar Pernat. 

"Faktanya, mereka tidak pernah memberikan kemungkinan tanda Marc kembali. Dari informasi yang saya dapatkan, dia tidak hadir pada tes di Qatar. Dia tak akan kembali ke MotoGP sampai 100 persen pulih. Risikonya dia bisa menyudahi kariernya sekarang," imbuh Pernat. 

Meski begitu, pada Selasa (9/2/2021), Marquez sudah terlihat sibuk menjalani aktivitas Repsol Honda, dengan melakukan sesi pemotretan tim bersama tandem barunya, Pol Espargaro.

Sumber: GP One 

Video Populer

Foto Populer