Sukses


Misteri Tim Yamaha di Losail, Saat Vinales dan Quartararo Bergantian Menang tapi Morbidelli dan Valentino Rossi Terpuruk

Bola.com, Jakarta - Performa motor Yamaha YZR-M1 bak dua sisi mata uang pada dua seri perdana MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Dua pembalap tim pabrikan, Monster Energy Yamaha MotoGP: Maverick Vinales dan Fabio Quartararo bergantian menang.

Maverick Vinales finis pertama pada balapan seri perdana MotoGP Qatar. Sementara Fabio Quartararo jadi yang terbaik di MotoGP Doha atau seri kedua.

Sementara sisi lain, pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT: Franco Morbidelli dan Valentino Rossi begitu terpuruk.

Pada MotoGP Qatar, Franco Morbidelli hanya finis 18 yang artinya nol poin. Sementara Valentino Rossi finis ke-12. Di MotoGP Doha, gantian The Doctor yang tidak mendapat poin lantaran finis 16.

Franco Morbidelli sendiri bercokol di posisi 12. Artinya duo Petronas Yamaha SRT mengawali MotoGP 2021 dengan torehan hanya empat poin.

Pencapaian di atas terbilang buruk untuk Petronas Yamaha SRT yang meraih banyak penghargaan pada musim lalu. Plus Franco Morbidelli berstatus runner-up.

Usai kemenangan Fabio Quartararo di MotoGP Doha, Valentino Rossi sempat ditanya soal misteri perbedaan prestasi antara tim pabrikan dengan tim satelit. Apalagi Valentino Rossi punya spesifikasi motor sama seperti Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

"Saya pikir Quartararo melakukan balapan yang fantastis. Kali ini sepertinya Maverick sedang berjuang sedikit seperti Quartararo minggu lalu (di MotoGP Qatar) dan Quartararo cepat seperti Maverick minggu ini (MotoGP Doha),'" kata Valentino Rossi.

"Tapi kenapa, sejujurnya saya tidak tahu," lanjut juara dunia sembilan kali itu.

2 dari 3 halaman

Komentar Franco Morbidelli

Pertanyaan kepada Valentino Rossi turut ditanyakan kepada Franco Morbidelli. Dia mengaku sulit memberikan analisis karena data yang dimiliki dirinya dengan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo jauh berbeda.

"Sejujurnya saya tidak bisa membandingkan data saya dengan data mereka karena mereka memiliki motor yang berbeda," jelas Franco Morbidelli.

"Jadi saya tidak tahu bagaimana mereka bisa melaju begitu cepat dan mengontrol keausan ban dengan baik. Jelas ini pedang bermata dua, karena ketika saya lebih kuat dari mereka, maka mereka tidak akan bisa melihat data saya," lanjutnya.

Untuk diketahui, seperti musim lalu, Morbidelli hanya mendapat motor Yamaha YZR-M1 Spec-A yang pada dasarnya dibekali mesin tahun 2019.

Namun dengan motor tersebut, Franco Morbidelli bisa merasakan tiga kemenangan di MotoGP 2020. Tapi dua seri awal musim 2021, hasil balapan yang ia dapat justru berbanding terbalik. Franco Morbidelli bahkan sempat dibebat masalah mesin di Sirkuit Losail.

Kesimpulannya untuk mengetahui jawaban dari misteri ini, maka kita harus menunggu saat MotoGP 2021 masuk seri Eropa pada putaran ketiga di Sirkuit Portimao, Portugal.

Jika balapan tersebut, Franco Morbidelli dan Valentino Rossi masih kesulitan, berarti memang ada yang tidak beres dengan motor tim Petronas Yamaha SRT.

Sumber: Crash/Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Kelebihan Mario Suryo Aji, Rider Indonesia yang Punya Gaya Balap Mirip Marc Marquez

Video Populer

Foto Populer