Sukses


Analisis Mencengangkan, Performa Valentino Rossi Tidak Lebih Buruk tapi Memang Level MotoGP yang Semakin Tinggi

Bola.com, Jakarta - Situs Crash.net merilis artikel yang menunjukkan sebenarnya performa Valentino Rossi tidak jelek-jelek amat meski finis ke-17 pada balapan MotoGP Jerez 2021 hari Minggu (02/05/2021) lalu.

Koq bisa? begini ceritanya. Valentino Rossi menyelesaikan balapan MotoGP Jerez 2021 dengan total waktu 41 menit 28,333 detik. Dia tertinggal 22,7 detik dari pemenang balapan MotoGP Jerez 2021, Jack Miller.

Ya sepintas catatan di atas sangat buruk untuk pembalap sekaliber juara dunia sembilan kali itu. Namun tahukah Anda, sebenarnya Valentino Rossi tidak lebih buruk jika membandingkan rekam jejaknya pada balapan di Sirkuit Jerez tahun lalu.

Tepatnya Juli 2020, Valentino Rossi mengakhiri MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez dengan finis ketiga atau naik podium. Berapa total waktu yang ia catat saat itu? Valentino Rossi memiliki total waktu 41 menit 28,212 detik.

Artinya hanya lebih lambat 0,1 detik ketimbang pencapaiannya di MotoGP Jerez 2021. Tapi hasil finisnya sangat kontras: dari posisi tiga MotoGP Andalusia 2020 menjadi urutan 17 MotoGP Jerez 2021.

Kesimpulannya, Valentino Rossi memang tidak lebih buruk, tapi para rivalnya yang memperlihatkan grafik peningkatan performa fantastis.

2 dari 3 halaman

Komentar Valentino Rossi

Valentino Rossi turut ditanya mengenai fakta di atas. Dia mengaku takjub dengan betapa cepatnya perubahan pada kelas MotoGP. Padahal jarak antara MotoGP Andalusia 2020 ke MotoGP Jerez 2021 bahkan belum satu tahun lamanya.

"Juga bagi kami itu adalah tanda tanya (hasil berbeda antara MotoGP Andalusia 2020 dengan MotoGP Jerez 2021) tetapi memang benar bahwa di MotoGP semuanya berubah sangat cepat dari satu tahun ke tahun lainnya," kata Valentino Rossi.

"Banyak perubahan performa dan semua orang mencoba untuk membuat segalanya lebih baik, tapi terkadang itu tidak mungkin," lanjutnya.

Jadi tantangan Valentino Rossi yang harus bersaing melawan rival dengan usia lebih muda 10-20 tahun memang tidak mudah. Yang bisa dilakukan Valentino Rossi saat ini adalah terus mencoba berada di level yang sama seperti pembalap lain.

Sumber: Crash.net

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Kelebihan Mario Suryo Aji, Rider Indonesia yang Punya Gaya Balap Mirip Marc Marquez

Video Populer

Foto Populer