Sukses


Nasib Timnas Inggris di Euro 2020: Juara atau Gigit Jari Lagi?

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris menjadi salah satu favorit juara pada Euro 2020. Mereka dianggap punya modal meyakinkan di kualifikasi dan laga-laga uji coba, serta memiliki materi pemain yang mentereng. 

Mampukah Timnas Inggris menyudahi dahaga gelar pada Euro 2020

Inggris kerap dianggap sebagai tim yang bukan spesialis turnamen besar. Faktanya, The Three Lions baru mengoleksi satu gelar bergengsi, juara Piala Dunia 1966, yang digelar di kandang sendiri. 

Setelah itu Inggris akrab dengan kegagalan demi kegagalan. Bukti terbaru terjadi pada dua turnamen besar terakhir. 

Pada Piala Dunia 2018, langkah Inggris kandas di semifinal. Padahal saat itu Tim Tiga Singa junya punya skuad mumpuni. 

Di Piala Eropa terakhir pada 2016 nasib Inggris malah lebih apes. Mereka gagal melangkah ke babak perempat final. 

Mampukah Timnas Inggris menjuarai Euro 2020 atau bakal gigit jari lagi? Berikut ini prediksi dari beberapa tokoh sepak bola dunia.  

 

2 dari 5 halaman

1. Arsene Wenger: Inggris Ancaman Terbesar Prancis

Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, ikut membuat prediksi tim-tim yang akan berjaya di Euro 2020. Dia menyebut Timnas Prancis berstatus super favorit pada Piala Eropa 2020 tersebut, dengan Inggris akan menjadi ancaman terberat bagi Les Bleus. 

Timnas Prancis yang ditangani Didier Deschamps punya berderet syarat untuk menjadi kampiun Euro 2020. Mereka berstatus juara dunia 2018, menempati peringkat kedua ranking dunia FIFA, serta memiliki banyak pemain berkualitas. 

Wenger mengatakan dengan memiliki banyak pemain muda, Les Bleus masih bisa berkembang. Bahkan, Prancis disebutnya punya 11 pemain cadangan yang bisa dengan mudah masuk skuad utama tim-tim lainnya.  

"Mereka bukan hanya favorit, tapi mereka super favorit. Favorit saja tidak cukup, karena mereka menjuarai Piala Dunia dan punya pemain-pemain ini di timnya,  (N'Golo) Kante, (Paul) Pogba, (Karim) Benzema, (Antoine) Griezmann, (Kingsley) Coman, (Olivier) Giroud, dan saya punya separuh lainnya. Ada juga (Ousmane) Dembele," kata Wenger kepada Sky Sports, Senin (7/6/2021). 

“Prancis memiliki 11 pemain di bangku cadangan yang pada dasarnya akan bermain di tim nasional lainnya. Jadi Prancis tidak bisa menolak kenyataan mereka adalah juara dunia dan tim itu belum mencapai puncak."

“Ini adalah tim yang masih merangkak naik, karena mereka semua masih muda. Selain dua atau tiga orang, inti dari tim ini masih sangat muda," imbuh Wenger soal kans Prancis di Euro 2020. 

Namun, pria yang juga menjabat kepala pengembangan sepak bola global FIFA itu menunjuk Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate sebagai ancaman terbesar bagi Prancis.

"Inggris adalah tim yang paling bisa mengancam Prancis. Mereka memiliki pemain berkualitas tinggi. Mereka mungkin masih sedikit muda, beberapa di antaranya," ujar Wenger. 

"Tetapi dengan Mason Mount, (Phil) Foden, (Jack) Grealish, Declan Rice dan tentu saja Harry Kane dan beberapa pemain berpengalaman seperti (Jordan) Henderson, mereka bisa bersaing dengan Prancis," sambung Wenger. 

3 dari 5 halaman

2. Jose Mourinho: Momen Tepat untuk Juara

Jose Mourinho memberikan analisis terkait siapa tim yang akan menjadi juara di ajang Euro 2020. Sosok yang akan melatih AS Roma itu memprediksi Timnas Inggris punya peluang besar untuk menyabet status tim terbaik.

Euro 2020 akan dimulai pekan depan. Inggris, yang berada di Grup D, akan memainkan laga perdana pada hari Minggu (13/6/2021) malam WIB. Lawan yang dihadapi Inggris adalah Kroasia.

Inggris tampil di Euro 2020 dengan status unggulan. Dari sisi materi pemain, pasukan Gareth Southgate punya amunisi yang bagus. Inggris juga diyakini mendapat suntikan mental atas sukses Chelsea dan Manchester City menembus final Liga Champions.

Kepada The Sun, Jose Mourinho memberikan prediksinya terkait kiprah Timnas Inggris di Euro 2020. Menurutnya, aspek penting yang harus dimiliki Inggris adalah mental untuk bisa mengatasi tekanan yang ada.

"Ini negara yang sulit dan kami berharap banyak dari mereka," kata Mourinho. "Secara budaya, alih-alih mendukung mereka dari hari pertama hingga hari terakhir, kita langsung mulai dengan beberapa hal negatif di sekitar mereka."

"Mereka harus sangat kuat secara emosional untuk mengatasi tekanan itu. Jika mereka melakukan itu, mereka memiliki peluang besar," tegas mantan manajer Chelsea dan Manchester United itu.  

Mourinho melihat Euro 2020 adalah momen yang tepat bagi Inggris untuk juara. Mereka punya pemain yang bagus. Gareth Southgate pun makin matang. Lalu, ada juga faktor 'tuan rumah' yang bisa membantu Inggris.

"Fase grup digelar di kandang. Semifinal dan final digelar di kandang sendiri," kaya Mourinho.

"Harus sekarang [menjadi juara], karena itu pada tahun [Piala Dunia] 1966. Bukan di Euro 96, karena kalah adu penalti yang merupakan sesuatu yang sangat tidak terduga. Mereka harus memaksakan segalanya kali ini," tegas Mourinho.

4 dari 5 halaman

3. Wayne Rooney

Mantan bintang Timnas Inggris dan Manchester United, Wayne Rooney, menilai ada tiga faktor di skuad The Three Lions yang membuatnya ketar-ketir menjelang perhelatan Euro 2020. 

Timnas Inggris akan bermain tanpa Rooney di Piala Eropa untuk kali pertama dalam 21 tahun pada musim panas ini. Meskipun banyak pihak memfavoritkan Inggris pada Euro 2020, Rooney malah bersikap sebaliknya. 

Dia menilai Inggris memiliki tiga titik lemah, satu di antaranya pengalaman para pemain di turnamen besar. Dua titik lemah lainnya adalah  potensi kepuasan diri dan cedera pada pemain kunci seperti Harry Maguire dan Jordan Henderson.

Rooney menganalisis kondisi di skuad Inggris melalui kolomnya untuk The Times. "Salah satu keraguan saya tentang Inggris adalah bahwa mereka adalah skuad muda, yang tidak memiliki pengetahuan. Saya juga khawatir rasa puas diri bisa menyusup, karena grup Inggris tidak semudah yang orang pikirkan," kata Rooney, Minggu (7/6/2021).   

Inggris akan berada satu grup dengan Kroasia, Republik Ceska, dan Finladia. 

“Kroasia mengalahkan Inggris pada 2018 dan memiliki pengetahuan turnamen dan beberapa pemain yang sangat bagus dan berpengalaman. Skotlandia akan tangguh, kompak, dan sulit dikalahkan," ujar Rooney. 

"Untuk Inggris, kepastian lolos bahkan mungkin ditentukan pada pertandingan grup terakhir melawan Republik Ceska," imbuh Rooney tentang peluang Timnas Inggris pada fase grup Euro 2020. 

Apakah Inggris bisa juara? 

"Inggris termasuk di antara empat tim yang berdiri di atas yang lain dalam prospek menjuarai Euro 2020. Portugal dan Belgia juga ada di sana, tetapi favorit saya adalah Prancis," ujar Rooney seperti dikutip Mirror

Sumber: The Times, Mirror 

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Vaksin dan Disiplin! Kunci Penuhnya Stadion Puskas Arena di Euro 2020

Video Populer

Foto Populer