Sukses


8 Pemain yang Sukses Mencetak Rekor pada Awal Euro 2020: Gianluigi Donnarumma, Jude Bellingham sampai Pedri

Bola.com, Jakarta - Gelaran Euro 2020 baru saja dimulai. Ajang yang dihelat di sebelas kota di sebelas negara ini bahkan belum menuntaskan match day pertama untuk semua grup.

Sejauh ini, baru ada sembilan laga yang sudah dihelat di ajang turnamen sepak bola paling akbar di Benua Eropa. Bahkan, ada satu grup, Grup F, yang sama sekali belum menggelar pertandingan.

Namun, kendati baru dimulai, ajang ini berlangsung sangat sengit. Bahkan, ada sejumlah rekor yang tercipta dalam sembilan laga yang sudah digelar di Euro 2020.

Siapa saja pemain yang memecahkan rekor pada awal gelaran Euro 2020? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

2 dari 10 halaman

1. Pedri (Timnas Spanyol)

Meski gagal membawa Timnas Spanyol meraih kemenangan pada laga perdana Euro 2020, Pedri berhasil menorehkan rekor. Dia menjadi pemain termuda yang tampil bersama skuad Matador di turnamen besar.

Pedri ketika bertanding dalam usia 18 tahun 201 hari. Pemain bernama lengkap Pedro Gonzalez Lopez tersebut melampaui torehan Cesc Fabregas yang menjalani laga dalam usia 19 tahun 41 hari, di ajang Piala Dunia 2006.

3 dari 10 halaman

2. Jude Bellingham (Timnas Inggris)

Bellingham masuk sebagai pemain pengganti bagi Timnas Inggris pada laga kontra Kroasia. Ini menjadikannya sebagai pemain termuda yang tampil di putaran final Piala Eropa. Bellingham, yang berusia 17 tahun dan 349 hari, memecahkan rekor yang selama ini dipegang pemain Belanda, Jetro Willems, yang bermain di Euro 2012 pada usia 18 tahun dan 71 hari.

Selain itu, Bellingham juga menjadi pemain termuda yang memperkuat Timnas Inggris di dua turnamen akbar, Piala Eropa dan Piala Dunia.

4 dari 10 halaman

3. Goran Pandev (Macedonia)

Goran Pandev mencetak gol bagi Makedonia Utara kala menghadapi Austria. Gol ini memang tak membuatnya menjadi pencetak gol tertua di ajang Piala Eropa. Ia masih kalah tua dibanding pemegang rekor pencetak gol tertua di Piala Eropa, Ivica Vastic, yang mencetak gol pada usia 38 tahun dan 257 hari.

Namun, gol yang dicetaknya kala berusia 37 tahun dan 321 hari ini mencatatkan nama Pandev sebagai pencetak gol tertua dari situasi open play. Pasalnya, gol Vastic pada Euro 2008 lalu dicetaknya melalui eksekusi penalti.

5 dari 10 halaman

4. Michael Gregoritsch (Austria)

Gol Michael Gregoritsch pada laga kontra Makedonia menjadikannya masuk ke dalam daftar para pencetak gol yang menjdi milestone di sepanjang sejarang Piala Eropa. Gol gelandang berusia 27 tahun tersebut merupakan gol ke-700 sepanjang sejarah putaran final Piala Eropa.

6 dari 10 halaman

5. Maarten Stekelenburg (Timnas Belanda)

Stekelenburg menjadi pemain tertua yang bermain bagi Timnas Belanda di turnamen besar, Piala Dunia dan Piala Eropa. Ketika tampil menghadapi Ukraina, kiper Ajax Amsterdam ini berusia 38 tahun dan 264 hari.

Secara keseluruhan, Stekelenburg berada di peringkat kelima dalam daftar pemain tertua yang bermain di putaran final Piala Eropa. Namun, ia berpeluang menggeser Peter Shilton yang berada di peringkat keempat. Shilton sendiri bermain di putaran final Piala Eropa kala berusia 38 tahun dan 271 hari.

7 dari 10 halaman

6. Merih Demiral (Timnas Turki)

Merih Demiral mencetak gol bunuh diri pada laga pembuka gelaran Euro 2020, kontra Italia. Ia membobol gawangnya sendiri setelah bola memental dari dadanya setelah berusaha mengontrol bola umpan silang Domenico Berardi.

Gol Demiral ini merupkaan gol bunuh diri pertama yang menjadi gol pembuka gelaran turnamen Piala Eropa. Sementara, kemenangan 3-0 Italia pada laga ini merupakan kemenangan dengan selisih terbesar pada laga pembuka putaran final Piala Eropa.

8 dari 10 halaman

7. Gianluigi Donnarumma (Italia)

Gianluigi Donnarumma menjadi penjaga gawang termuda yang bermain bagi Italia di turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia). Ia bermain pada laga kontra Turki, saat berusia 22 tahun dan 106 hari. Pemegang rekor sebelumnya adalah Giorgio Ghezzi, yang bermain di usia 23 tahun 342 hari.

9 dari 10 halaman

8. Yuri Zhirkov (Timnas Rusia)

Zhirkov menjadi pemain Rusia -juga Uni Soviet- tertua yang bermain di ajang Piala Eropa. Ia bermain pada usia 37 tahun 296 hari, melewati catatan Sergey Ignashevich, yang bermain di Euro 2016 kala berusia 36 tahun dan 342 hari.

 

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 15/06/2021)

10 dari 10 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer