Sukses


5 Fakta Menarik Spanyol ke Semifinal Euro 2020: Edan! Hampir Seribu Umpan 0 Gol, Rezeki La Furia Roja Menang Adu Penalti

Bola.com, St Petersburg - Timnas Spanyol susah payah lolos ke semifinal Euro 2020. Pasukan Luis Enrique ini berjibaku melawan Swiss di perempat final dan harus menyelesaikan laga dengan adu penalti di Krestovsky Stadium, St Petersburg, Rusia, Sabtu (3/7/2021).

La Furia Roja masih dengan permasalahan yang sama, yakni penyelesaian akhir. Di babak normal plus perpanjangan waktu, kedua tim bermain dengan skor 1-1. Spanyol juga 'tertolong' oleh gol bunuh diri Denis Zakaria pada menit ke-8.

Spanyol benar-benar membuang banyak peluang. Sepanjang laga hingga perpanjangan waktu, mereka melepaskan 28 tembakan dan 10 di antaranya mengenai sasaran.

Seperti biasa, Spanyol begitu menguasai jalannya pertandingan. Kali ini, mereka unggul 73 persen berbanding 27 persen melawan Swiss.

Namun, penyakit sulit mencetak gol La Furia Roja memang belum terpecahkan. Alvaro Morata dkk. lagi-lagi sangat tidak efektif di depan gawang. Bahkan saat Swiss bermain dengan 10 orang, mereka pun gagal memaksimalkan peluang.

Kelemahan inilah yang dimanfaatkan Swiss dan mereka tampil super disiplin hingga memaksa pertandingan dilanjutkan sampai adu penalti.

Keberuntungan masih menaungi Spanyol meski diawali dengan kegagalan penalti Sergio Busquets sebagai penendang pertama. Spanyol akhirnya memenangi adu tos-tosan dengan skor 3-1 setelah Mikel Oyarzabal sukses menjadi algojo pamungkas.

Berikut ini lima fakta menarik Spanyol lolos ke semifinal Euro 2020, dikutip dari Squawka.

2 dari 3 halaman

Fakta-fakta Menarik

  • Spanyol telah mencapai semifinal Piala Eropa untuk kelima kalinya dalam sejarah mereka. Pertama pada 1964, 1984, 2008, 2012, lalu 2020. Dari keempat semifinal sebelumnya, Spanyol meraih juara pada 1964, 2008, dan 2012.
  • 2 Juli 1994: Luis Enrique mencetak gol saat Spanyol menyingkirkan Swiss dari turnamen besar. Pada tahun 1994, mereka menghadapi Italia di babak selanjutnya. 
  • 2 Juli 2021: Luis Enrique menyingkirkan Swiss dari turnamen besar sebagai manajer Spanyol
  • Kiper Swiss, Yann Sommer kini telah membuat delapan penyelamatan melawan Spanyol, ini yang paling banyak dilakukan oleh seorang penjaga gawang dalam satu pertandingan di Euro 2020.
  • Spanyol mencoba 970 operan melawan Swiss, lebih dari tiga pertandingan Hungaria melawan tim-tim besar di fase grup neraka (Prancis, Jerman, Portugal). 
3 dari 3 halaman

Rekor-rekor Lain

Pertandingan Swss kontra Spanyol juga melairkan tiga rekor dalam pertandingan fase gugur Euro 2020.

  • Clearance terbanyak: Nico Elvedi (13)
  • Penyelamatan terbanyak: Yann Sommer (10)
  • Tekel terbanyak: Ricardo Rodríguez (9)

 

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer