Sukses


    Lineker dan Jurnalis Cantik Rusia Pimpin Drawing Piala Dunia 2018

    Jakarta FIFA akan menggelar drawing Piala Dunia 2018 di Istana Kremlin, Moskow, pada 1 Desember 2018 mendatang. Dua tokoh olahraga bakal jadi saksi penting dalam pengundian grup.

    Mantan striker timnas Inggris Gary Lineker akan berduet dengan jurnalis sepak bola Rusia Maria Komandnaya dalam memimpin upacara di Istana Kremlin, Moskow, pada 1 Desember.

    Dilansir situs resmi FIFA, Lineker dan Komandnaya dibantu delapan asisten dalam mendistribusikan 32 peserta. Sejauh ini, baru satu yang dipastikan berpartisipasi, yakni mantan gelandang Rusia, Nikita Simonyan. FIFA akan mengumumkan tujuh nama lain dalam beberapa hari mendatang.

    Lineker mengaku bangga bisa terlibat dalam turnamen akbar empat tahunan ini. Peraih Golden Boot di Piala Dunia 1986 Meksiko itu tak sabar mengetahui hasil pembagian delapan grup kontestan Piala Dunia 2018.

    FIFA membagi 32 negara ke dalam empat pot sebelum pengundian grup dilakukan. Dalam satu grup, nantinya akan dihuni empat tim dengan maksimal dua negara anggota UEFA.

    "Sebagai pemain, saya cukup beruntung bisa ambil bagian di putaran final Piala Dunia dua kali. Dan kini saya berada di sisi lain, mengumumkan hasil undian tersebut. Saya menunggu untuk mengetahui lawan-lawan Inggris dan saya tahu betapa menariknya kesempatan ini," kata Lineker.

    Lineker membantu Inggris ke semifinal Piala Dunia di Italia tahun 1990. Kini dia jadi salah satu penyiar olahraga usai berkarier di sejumlah klub, seperti Barcelona, ​​Everton, Tottenham Hotspur, Nagoya Grampus Eight, dan klub kota asalnya, Leicester City. 

    2 dari 3 halaman

    Komentar FIFA

    Dalam kesempatan yang terpisah, wakil Sekjen FIFA Zvonimir Boban senang karena Lineker menerima permintaan FIFA untuk momen krusial jelang Piala Dunia ini. Lineker dianggap punya pandangan yang objektif pada setiap tim karena sudah berkecimpung di dunia jurnalistik olahraga.

    "Kami di FIFA sangat senang Gary telah menerima undangan kami. Dia akan bersama kami untuk suatu kesempatan penting bagi dunia sepak bola," ujar Boban.

    "Pandangannya yang jujur ​​dan terbuka bersamaan dengan pengetahuan mendalam tentang olahraga ini sangat memperkaya dunia jurnalisme sepak bola. Oleh karena itu, sebuah kehormatan Gary akan melakukan undian untuk Dunia Piala di Rusia," tutur eks pemain AC Milan tersebut.

    3 dari 3 halaman

    Daftar Peserta

    1. Rusia (tuan rumah)

    2. Brasil (Zona Amerika Selatan)

    3. Iran (Zona Asia)

    4. Jepang (Zona Asia)

    5. Meksiko (Zona Amerika Utara)

    6. Belgia (Zona Eropa)

    7. Korea Selatan (Zona Asia)

    8. Arab Saudi (Zona Asia)

    9. Jerman (Zona Eropa)

    10. Inggris (Zona Eropa)

    11. Spanyol (Zona Eropa)

    12. Nigeria (Zona Afrika)

    13. Kosta Rika (Zona Amerika Utara)

    14. Polandia (Zona Eropa)

    15. Mesir (Zona Afrika)

    16. Serbia (Zona Eropa)

    17. Islandia (Zona Eropa)

    18. Perancis (Zona Eropa)

    19. Portugal (Zona Eropa)

    20. Uruguay (Zona Amerika Selatan)

    21. Argentina (Zona Amerika Selatan)

    22. Kolombia (Zona Amerika Selatan)

    23. Panama (Zona Amerika Utara)

    24. Senegal (Zona Afrika)

    25. Maroko (Zona Afrika)

    26. Tunisia (Zona Afrika)

    27. Swiss (Zona Eropa)

    28. Kroasia (Zona Eropa)

    29. Swedia (Zona Eropa)

    30. Denmark (Zona Eropa)

    31. Australia (Zona Asia)

    32. Peru (Zona Amerika Selatan)

     

    Saksikan video pilihan di bawah ini:

    Video Populer

    Foto Populer