Sukses


    3 Bintang yang Gagal Tampil di Piala Dunia

    Jakarta - Gareth Bale mencatat berbagai prestasi bersama Real Madrid. Dia memenangkan empat titel Liga Champions plus mahkota La Liga.

    Sayangnya, kiprah Bale tak menular bersama Timnas Wales. Dia sudah absen dalam dua edisi Piala Dunia.

    Padahal, Wales menjadi kandidat kuat lolos ke Piala Dunia 2018 di babak kualifikasi. Mereka sempat tampil mengesankan di Piala Eropa 2016 hingga menembus babak semifinal.

    Kekalahan atas Irlandia, Oktober lalu, memutus harapan Bale tampil di Rusia. Dengan usia yang telah menginjak 28 tahun, dan rentan cedera, sepertinya Bale kian sulit untuk tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar.

    Selain Bale, ada tiga pemain hebat lainnya yang tak pernah mencicipi atmosfer Piala Dunia. Siapa saja mereka? Simak di halaman selanjutnya.

    2 dari 4 halaman

    Eric Cantona

    Eric Cantona merupakan Raja Manchester United. Dia tercatat sebagai pemain yang tidak pernah membela negaranya, Prancis di Piala Dunia.

    Hal itu disebabkan karena Cantona melakukan tendangan kung fu ke suporter Crystal Palace, 25 Januari 1995. Dia mendapat sanksi berat atas akti kontroversialnya itu.

    Cantona mendapat larangan bermain di level internasional. Sementara Timnas Prancis yang tengah membangun kekuatan mereka di bawah asuhan Aime Jacquet akhirnya mengandalkan Zinedine Zidane.

    Jacquet sendiri sebenarnya menunjuk Cantona sebagai kapten, namun ketika sang striker mendapatkan skorsing, di saat bersamaan Jacquet justru menemukan formula tim yang lebih pas tanpa kehadiran Cantona. Jadi ketika Prancis berhasil mengangkat trofi pada Piala Dunia 1998 di negeri mereka sendiri, Cantona tidak berada di sana.

     

     

    3 dari 4 halaman

    Alfredo Di Stefano

    Alfredo Di Stefano menjadi pemain Real Madrid yang paling banyak memenangkan trofi Liga Champions. Dia berhasil meraihnya hingga lima kali.

    Legenda Real Madrid ini mempunyai tiga kewarganegaraan, Argentina, Kolombia, dan Spanyol. Dia pernah memperkuat tiga negara kuat itu, tapi tak pernah tampil di Piala Dunia.

    Pada Piala Dunia 1950, Di Stefano memperkuat Timnas Argentina. Sayangnya, dengan beberapa alasan, Di Stefano memutuskan untuk absen membela Argentina.

    Empat tahun berselang, dia memilih memperkuat Kolombia untuk tampil di Piala Dunia. Sayang, FIFA tak mengizinkan Kolombia tampil di Piala Dunia 1954 karena tidak memenuhi syarat.

    Saat memperkuat Spanyol, dia malah absen di Piala Dunia 1958 karena masalah cedera. Spanyol juga gagal lolos ke ajang empat tahunan tersebut.

     

     

    4 dari 4 halaman

    Bernd Schuster

    Gelandang asal Jerman yang pernah memperkuat Real Madrid dan Barcelona ini juga tak pernah bermain di Piala Dunia. Padahal, negaranya punya skuat juara.

    Dia juga sempat membawa Jerman menjuarai Piala Eropa 1982 dan terpilih sebagai pemain terbaik. Itu merupakan turnamen internasional terakhir Schuster bersama Jerman.

    Schuster berselisih dengan pihak Federasi Sepakbola Jerman, pelatih, dan rekan senegaranya karena klubnya saat itu, Barcelona, tidak mencapai kesepakatan mengenai keikutsertaan Schuster dalam sebuah laga persahabatan kontra Brasil. Schuster pun memilih untuk pensiun dari timnas di usia yang baru menginjak 24 tahun.

     

    Sumber: Liputan6.com

    Video Populer

    Foto Populer