Sukses


    Alasan Brasil dan Kosta Rika Kompak Pakai Kostum Tandang saat Bentrok

    Bola.com, Jakarta - Selain insiden yang melibatkan VAR dan tangis Neymar seusai pertandingan, ada hal menarik lain yang tersaji dari duel Brasil versus Kosta Rika pada matchday kedua penyisihan Grup E Piala Dunia 2018, Jumat malam (22/6/2018).

    Pada pertandingan yang dimainkan di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, itu kedua tim sama-sama mengenakan jersey tandang. Baik Brasil maupun Kosta Rika, tak ada yang memakai kostum utama.

    Jika mengacu pada penyebutan nama tim pada pertandingan ini, Brasil semestinya berhak memakai jersey utama. Namun, pasukan Tite ini justru mengenakan kostum tandang, yakni biru-biru. Seperti diketahui, jersey tandang Brasil adalah kuning-biru.

    Sementara Kosta Rika juga memakai jersey tandang, putih-putih. Saat kalah 0-1 dari Serbia pada laga pertama Grup E Piala Dunia 2018 (17/6/2018), Bryan Ruiz cs. mengenakan kostum utama yang berwarna merah-biru.

    Lantas apa yang membuat Brasil dan Kosta Rika sama-sama memilih kostum tandang saat berjumpa pada matchday kedua penyisihan Grup D?

    Reuters yang menanyakan hal ini kepada FIFA mendapatkan jawabannya. Melalui juru bicaranya, FIFA menginformasikan keputusan perihal kostum didasarkan pada berbagai faktor termasuk kemungkinan adanya "tabrakan" warna dan permintaan dari tim.

    "Persoalan warna (kostum) ini sudah dibahas pada April lalu dan dikonfirmasi ulang pada pertemuaan koordinasi pertandingan sehari sebelum laga," demikian penjelasan FIFA.

    "Hal ini juga memperhitungkan kebutuhan untuk menjaga keseimbangan dengan mengizinkan tim mengenakan jersey kandang dan tandang mereka. Secara umum, FIFA berusaha memastikan setiap tim bisa mengenakan seragam resmi mereka (kandang maupun tandang) setidaknya sekali dalam fase penyisihan grup," lanjut sang juru bicara FIFA.

    2 dari 2 halaman

    Buta Warna

    Fakta menarik lain perihal jersey juga muncul pada laga Denmark kontra Australia pada laga kedua penyisihan Grup C Piala Dunia 2018 di Cosmos Arena, Samara (21/6/2018).

    Pencetak gol Timnas Australia ke gawang Denmark, Mile Jedinak. (MANAN VATSYAYANA / AFP)

    Pada duel yang berujung 1-1 ini, alih-alih mengenakan kostum utama yang berwarna merah-merah, Denmark mengenakan kostum kedua yang berwarna putih-merah. Sedangkan Australia memakai kostum kedua yang berwarna hijau-hijau gelap.

    Kabarnya, dimaksudkan untuk membantu gelandang Denmark, Thomas Delaney, yang mengidap buta warna sehingga kesulitan mengenali warna kuning kenari-hijau yang jadi kostum kandang Timnas Australia.

    Sumber: The Star

    Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

    Video Populer

    Foto Populer