Sukses


Langsung dari Rusia: Lapangan Merah dan Bangunan-Bangunan Bersejarah Rusia

 

Laporan langsung KLY Sports dari Moskow Awan cerah menemani perjalanan saya meliput Piala Dunia 2018 di Moskow, Rusia, pada Kamis (12/7/2018). Apalagi, perjalanan ini akan diawali dengan mengunjungi tempat paling favorit di Rusia, Red Square atau Lapangan Merah.

Tidak sulit mencari jalan menuju Lapangan Merah. Banyak transportasi yang bisa digunakan, dalam hal ini saya memilih kereta yang biasa disebut Moscow Metro menuju stasiun terdekat, yakni Okhotny Ryad.

Sampai di Lapangan Merah, pemandangan indah langsung tersaji. Saya disuguhkan Saint Basil's Cathedral, gereja ikonik yang ada di sekitar Lapangan Merah.

Sedikit cerita, Saint Basil's Cathedral dibangun atas perintah pemimpin Rusia, Ivan IV Vasilyevich, pada sekitar tahun 1555-1561. Pada saat diresmikan, Saint Basil's Cathedral merupakan bangunan tertinggi di Moskow, sebelum akhirnya kalah dari Ivan the Great Bell Tower pada 1600.

Tidak jauh dari Saint Basil's Cathedral terdapat bangunan bersejarah lain, Lenin's Mausoleum. Biasanya, saya hanya bisa melihat Lenin's Mausoleum dari layar kaca.

Melihat Lenin's Mausoleum, pikiran saya langsung tertuju kepada Vladimir Lenin, tokoh revolusioner Uni Sovyet yang hidup pada 1870-1924. Bagaimana tidak, jasad Lenin yang diawetkan berada di dalam bangunan bersejarah itu. Kabarnya, rata-rata sebanyak 2,5 juta orang mengunjungi makam Lenin setiap tahunnya.

Bangunan Lenin's Mausoleum (kanan) yang menjadi tempat diawetkannya tokoh pemimpin Uni Sovyet, Vladimir Lenin. (Bola.com/Okie Prabhowo)

Di Lapangan Merah, saya berkesempatan bertemu banyak orang dengan atribut sepak bola. Bahkan, masih ada wisatawan asal Brasil lengkap membawa bendera kebesaran mereka sedang menikmati pemandangan di sekitar Lapangan Merah. Padahal, kita semua tahu Brasil sudah tersingkir pada perempat final Piala Dunia 2018.

Tidak lama menginjakkan kaki di Lapangan Merah, perjalanan dilanjutkan untuk bertemu Harie Pandiono, suporter Arema yang sengaja jauh datang ke Rusia untuk menyaksikan Piala Dunia 2018. Banyak pengalaman baru diceritakan Harie yang membuat hati ini semakin takjub.

Usai pertemuan dengan Aremania tersebut, saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan melihat pemandangan Lapangan Merah pada malam hari. Benar saja, bangunan-bangunan di sana terlihat indah dengan hiasan lampu-lampu di sekitar dindingnya.

Tidak puas rasanya hanya sehari berada di Lapangan Merah. Apalagi, saya begitu penasaran ingin masuk ke dalam Kremlin, sebuah bangunan yang menjadi kantor Presiden Rusia saat ini, Vladimir Putin.

Namun, tugas utama lain sudah menunggu. Rasa tidak sabar bergejolak ingin menyaksikan dan mengabarkan kepada Sahabat Bola.com bagaimana keseruan final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018).

Saint Basil's Cathedral di Moskow, Rusia, Kamis (12/7/2018). (Bola.com/Okie Prabhowo)

Do Svidaniya...!!!

1 Komentar

  • viona putri

    dompetpoker kini hadir dengan permainan yang beragam seperti anda dapat memainkan 7 permainan dalam 1 user dan juga kami memberikan bonus yang menarik. Live chat : dompetpoker*ORG BBM : DC92F16D WhatsApp : +6282168285188

Video Populer

Foto Populer