Sukses


    9 Fakta Menarik Timnas Prancis Jelang Laga Kontra Kroasia

    Bola.com, Jakarta - Timnas Prancis akan menghadapi Kroasia pada laga final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018). Duel kedua tim bakal berlangsung seru.

    Prancis melakoni laga kontra Kroasia dengan modal meyakinkan. Les Bleus tidak terkalahkan dalam lima pertemuan terakhir melawan Kroasia, di mana Prancis berhasil tiga kemenangan.

    Tim asuhan Didier Deschamps juga punya catatan manis saat berjumpa Kroasia di Piala Dunia 1998. Ketika itu, tim yang diarsiteki Aime Jacquet menang tipis 2-1 atas Vatreni berkat dua gol dari Lilian Thuram pada babak semifinal.

    Catatan apik itu akan menjadi modal bagus Prancis untuk mengalahkan Kroasia sekaligus meraih gelar kedua mereka di Piala Dunia 2018.

    Namun, sebelum itu, simak fakta menarik timnas Prancis sepanjang partisipasi di Piala Dunia:

     

    2 dari 2 halaman

    Fakta Menarik Timnas Prancis

    1. Prancis merupakan tim keenam yang lolos tiga kali atau lebih ke final Piala Dunia, mengikuti jejak Jerman (delapan kali), Brasil dan Italia (enam kali), Argentina (lima kali), dan Belanda (tiga kali).

    2. Ini akan menjadi final keenam Prancis di turnamen besar (termasuk tiga final Piala Eropa). Prancis telah memenangi tiga dari lima laga final.

    3. Tiga dari empat gol terakhir Prancis di Piala Dunia tercipta melalui bola mati (dua dari sepak pojok dan satu dari penalti).

    4. Tiga dari lima pencetak gol Prancis di Piala Dunia 2018 merupakan pemain belakang (Benjamin Pavard, Raphael Varane, dan Samuel Umtiti).

    5. Terakhir kali tiga pemain belakang Prancis berhasil mencetak gol di Piala Dunia terjadi tahun 1998, saat mereka menjadi juara pertama kali.

    6. Di luar adu penalti, Prancis hanya menelan satu kekalahan dari 14 laga di fase gugur Piala Dunia (menang 11 dan imbang dua kali). Kekalahan itu didapat saat takluk 0-1 dari Jerman di perempat final Piala Dunia tahun 2014.

    7. Didier Deschamps bakal menjadi orang ketiga yang memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih apabila berhasil mengantarkan Prancis menjadi juara dunia. Ia akan mengikuti jejak Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.

    8. Kylian Mbappe berpeluang menjadi pemain muda kedua yang mencetak gol di final Piala Dunia setelah Pele (Brasil). Catatan tiga gol Mbappe di Piala Dunia 2018 menempatkan sebagai pemain muda dengan jumlah gol tertinggi setelah Pele yang menjaringkan enam gol di Piala Dunia 1958.

    9. Antoine Griezmann mencetak gol atau assist untuk 11 gol dari sembilan laga di fase gugur turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa). Catatan ini lebih baik dari pemain Prancis dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, atau melebihi Zinedine Zidane (8) dan Michel Platini (6).

    Video Populer

    Foto Populer