Sukses


    Rapor Merah Pemain Timnas Indonesia saat Dikalahkan Singapura

    Bola.com, Surabaya - Tampil buruk, Timnas Indonesia ditekuk Singapura pada laga perdana Piala AFF 2018. Bertanding di Stadion National Singapura, Jumat (9/11/2018) Indonesia keok 0-1 dari tuan rumah.

    Gol tunggal Singapura dicetak oleh dicetak oleh Harris Harun pada menit ke-37. Memanfaatkan bola muntah, Harris yang berdiri bebas tanpa kawalan dengan mudah menceploskan bola ke gawang tim Garuda  yang dijaga Andritany Ardhiyasa.

    Kekalahan ini sangat menyesakkan bagi Tim Merah Putih yang di atas kertas unggul atas Singapura. Gaya main yang mengandalkan bola-bola pendek cepat dikombinasi umpan-umpan daerah tak terlihat di pertandingan ini.

    Timnas Indonesia justru kerap keteter menghadapi tekanan demi tekanan tuan rumah. Pressure ketat yang dilakukan para pemain lawan sepanjang babak pertama membuat permainan Indonesia tidak berkembang. Sebaliknya, Singapura berkali-kali mampu mengancam pertahanan Indonesia.

    Masuknya Fachrudin Ariyanto dan Rico Simanjuntak memang membawa dampak positif. Penampilan Indonesia lebih baik, serangan yang dibangun juga lebih bervariasi, tapi sayang, hingga laga berakhir, Indonesia tidak mampu mengejar defisit gol.

    Pengamat sepak bola asal Jatim sekaligus mantan pemain Persebaya dan Petrokimia Putra, Ferryl Raymond Hattu, memiliki penilaian tersendiri terkait penampilan individu pemain Timnas Indonesia pada laga ini.

    Penilaian tersebut bersifat subjektif dari pengamat, sehingga bisa saja berbeda dengan pembaca.

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    2 dari 5 halaman

    Kiper dan Lini Belakang

    Andritany Ardhiyasa

    Andritany bermain sangat bagus pada laga ini. Penampilan gemilang kiper milik Persija Jakarta ini menghindarkan Timnas Indonesia mengalami kekalahan lebih besar. Tercatat, tiga peluang emas Singapura mampu ia mentahkan.

    Nilai: 7

    Belakang:

    Rizki Pora

    Rizki Pora bermain di bawah performa terbaiknya di laga ini. Lemah dalam bertahan, tak maksimal saat membantu serangan. Pergerakan cepat, lincah, serta kemampuannya menembus sisi kiri pertahanan lawan seperti tak berbekas di pertandingan ini.

    Nilai: 5

    Ricky Fajrin

    Sejak awal Ricky Fajrin bermain buruk. Dia beberapa kali tak mampu mengantisipasi umpan-umpan silang Singapura. Contohnya ketika dia gagal mengintersep umpan dari sisi kiri pertahanan Indonesia . Untung, sepakan pemain Singapura yang menerobos di antara kedua kakinya masih mampu dibendung Andritany.

    Nilai: 5

    Hansamu Yama

    Sebagai kapten sekaligus pemimpin di lini belakang, Hansamu Yama Pranata tidak mampu mengorganisasi pertahanan dengan baik. Gol Singapura pada menit ke-37 adalah salah satu kesalahannya. Hansamu seharusnya bisa mengatur rekannya saat membangun sistem pertahanan, Akibatnya, Hariss Harun yang masuk dari lini nyaris tanpa kawalan saat menerima bola muntah dan mengeksekusi peluang.

    Nilai: 5

    Putu Gede

    Sebelum melakukan pelanggaran keras yang berujung kartu kuning kedua yang ia terima, bek sayap kanan Timnas Indonesia, Putu Gede Juni Antara bermain sangat bagus. Sayang, gara-gara emosi, Putu membuat Tim Merah Putih merugi.

    Nilai: 5

    3 dari 5 halaman

    Lini Tengah

     

    Evan Dimas

    Pada babak pertama Evan Dimas bermain terlalu ke belakang. Seharusnya, dia tidak terlalu cepat turun ketika kehilangan bola. Karena, saat dia turun terlalu ke bawah, lini tengah kalah. Dan ketika Timnas Indonesia  melakukan serangan balik, tidak ada pemain yang mendistribusikan bola ke depan. Pada babak kedua dia tampil lebih baik.

    Nilai: 5,5

    Zulfiandi

    Zulfiandi yang menjadi tandem Evan di sentral lapangan permainan juga sama. Pemain asal Aceh ini tak mampu memutus aliran bola Singapura sejak dari tengah. Peran Zulfiandi juga tidak maksimal.

    Nilai: 5

    Irfan Jaya

    Irfan Jaya nyaris mati kutu di laga ini. Dia tak mampu berbuat banyak. Aksi-aksinya mudah dibaca, dan minim improvisasi. Wajar jika kemudian Irfan ditarik keluar digantikan Rico Simanjuntak.

    Nilai: 5

    Febri Hariyadi

    Febri Hariyadi memang beberapa kali bisa menembus pertahanan Singapura. Dengan mengandalkan kecepatan yang ia miliki, ia mampu merepotkan barisan pertahanan lawan. Namun hanya sebatas itu lantaran pemain Persib ini tidak diberi ruang untuk bergerak lebih leluasa. Upayanya pun selalu kandas di kaki pemain lawan.

    Nilai: 5

    Stefano Lilipaly

    Penampilan Stefano Lilipaly pada laga ini berbeda dengan sebelumnya. Dia mudah dan banyak kehilangan bola. Pemain Bali United ini sepertinya sedang tidak dalam kondisi terbaik.

    Nilai: 5

     

    4 dari 5 halaman

    Depan

     

    Beto Goncalves

    Beto Goncalves bekerja keras di pertandingan ini. Tidak banyak suplay bola untuk Beto, sehingga dia harus turun sampai ke bawah untuk mencari bola. Sangat disayangkan, dukungan dari rekan-rekannya sangat minim di pertandingan ini, sehingga Beto tidak bisa berbuat apa-apa.

    Nilai: 6

    5 dari 5 halaman

    Cadangan

    Fachrudin

    Fachrudin masuk mengganti Ricky Fajrin. Keberadaannya membuat pertahanan Indonesia jadi lebih kuat. Pemain Madura United ini tampil cukup bagus dalam menggalang pertahanan bersama Hansamu Yama.

    Nilai: 6

    Septian David Maulana

    Sejak David Maulana masuk, serangan Indonesia lebih bervariasi. Jika semula hanya bertumpu pada sektor sayap, kehadiran David membuat serangan Indonesia datang dari semua sisi. Sayang, David tidak mampu menyelamatkan Timnas Indonesia dari kekalahan.

    Nilai: 5,5

    Riko Simanjuntak

    Riko Simanjuntak tampil lebih baik dibanding Irfan Jaya. Serangan Indonesia di sayap kiri lebih hidup. Beberapa kali Rico membuat pertahanan Singapura kerepotan. Namun, hanya sekadar itu, karena pemain lain tak cukup mampu menunjang upaya pemain Persija ini.

    Nilai: 6

    Video Populer

    Foto Populer