Sukses


    Ruddy Keltjes Berharap Timnas Indonesia Seperti Tim Negeri Indochina

    Bola.com, Jakarta - Ruddy William Keltjes ikut bersyukur dengan kemenangan pertama yang diraih Timnas Indonesia atas Timor Leste 3-1 pada penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion GBK, Selasa (13/11/2018).

    Namun, Ruddy punya saran yang patut disimak para pelaku sepak bola di Indonesia. Mantan pelatih Persipura ini menyoroti gol yang bersarang di gawang Indonesia.

    "Kelemahan kita masih seperti pada era dulu. Setelah ketinggalan gol, baru kerja mati-matian untuk membalas. Justru bersyukur setelah Timor Leste mencetak gol, mereka tidak bertahan total. Kalau itu yang dilakukan, Indonesia akan frustrasi dan kemungkinan sulit meraih kemenangan," kata Ruddy.

    Dari pengalaman Ruddy sebagai pemain, Timnas Indonesia dan timnas negara lain yang sekawasan masih memiliki ciri khas sepak bola Melayu.

    "Bukan Indonesia saja, tapi juga Malaysia dan Singapura. Mereka masih punya mental Melayu.

    Mereka akan bangkit kalau kebobolan lebih dulu. Itu sudah saya rasakan dan alami sejak jadi pemain dulu. Padahal sepak bola tak boleh seperti itu. Harus berubah jika ingin bersaing di tingkat lebih tinggi lagi," tutur Ruddy.

    Dia membandingkan kemajuan timnas negara-negara Indochina seperti Vietnam dan Myanmar.

    "Perkembangan mereka sangat pesat. Mereka selalu haus untuk maju. Etos mereka juga bagus. Fighting spirit timnas negara-negara itu juga berbeda dengan timnas kawasan Melayu," paparnya.

    Timnas Indonesia menjaga asa ke semifinal setelah menang 3-1 atas Timor Leste. Tim Garuda saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara Grup B.

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer