Sukses


    Kalahkan Hendro Kartiko, Kiper Debutan Vietnam Pegang Rekor Clean Sheet di Piala AFF

    Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam melaju ke semifinal Piala AFF 2018 dengan membukukan statistik cukup apik. Dari empat pertandingan di fase penyisihan Grup A, mereka tak terkalahkan.

    Timnas Vietnam memang tak menyapu bersih empat kemenangan dengan mengumpulkan poin 10 saja, hasil tiga kemenangan dan satu laga berakhir imbang. 

    Namun, the Golden Stars ke semifinal tanpa kebobolan satu gol pun. Statistik ini jadi prestasi tersendiri, khususnya untuk lini pertahanan maupun benteng terakhir, sang kiper.

    Hebatnya lagi, selama fase penyisihan grup, gawang Timnas Vietnam dikawal kiper rookie alias debutan di turnamen Piala AFF. Dia adalah Dang Van Lam.

    Kiper berusia 25 tahun ini jadi pilihan utama pelatih Park Hang-seo untuk menjaga gawang Vietnam. Ia selalu tampil sebagai starter dalam empat pertandingan di penyisihan grup plus leg pertama semifinal, serta tak tergantikan.

    Alhasil, kiper blasteran Vietnam-Rusia itu ikut mencatatkan prestasi apik di Piala AFF pertamanya. Dang Van Lam jadi kiper yang memegang rekor clean sheet terlama di sepanjang sejarah Piala AFF.

    Seperti dilansir dari Vietnam News, Senin (3/12/2018), Dang Van Lam mencatatkan clean sheet selama 405 menit. Torehan itu, dari empat laga di penyisihan Grup A ditambah pertandingan leg pertama semifinal kontra Filipina (2/12/2018).

    Pada pertandingan melawan Filipina di Stadion Panaad, Bacolod City, itu gawang Dang Van Lam jebol untuk kali pertama di Piala AFF 2018. Striker Filipina, Patrick Reichelt, jadi pemain pertama yang menceploskan gol ke gawang Timnas Vietnam saat pertandingan memasuki injury time babak pertama (47').

     

    2 dari 2 halaman

    Kalahkan Hendro Kartiko

    Statistik Dang Van Lam itu memecahkan rekor sebelumnya, yang ditorehkan seniornya di Timnas Vietnam, Tran Minh Quang, yang dihasilkan pada Piala AFF 2000. Ketika itu, Tran mencatatkan clean sheet selama 399 menit.

    Catatan itu juga melebihi torehan kiper-kiper legendaris di Asia Tenggara lain, seperti kiper Timnas Indonesia, Hendro Kartiko, dan Kittisak Rawangpa (Timnas Thailand).

    Hendro Kartiko tercatat membukukan clean sheet selama 388 menit yang diukir pada Piala AFF 2004, sementara Kittisak Rawangpa mengukir statistik tak kebobolan selama 369 menit pada Piala AFF 2008.

    Di sisi lain, Dang Van Lam diprediksi masih akan jadi kiper utama saat Timnas Vietnam dapat giliran menjadi tuan rumah pada leg kedua semifinal Piala AFF 2018 kontra Filipina yang dimainkan di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018).

    Sumber: Vietnam News

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer