Sukses


    5 Pemain Timnas Indonesia Berpengalaman di Skuad Piala AFF 2020: Andalan di Tengah Kepungan Wajah Baru

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sudah siap untuk berlaga di Piala AFF 2020 dengan berkekuatan 30 pemain. Dari semua pemain yang dibawa Shin Tae-yong ke Singapura itu, hanya lima pemain yang sudah pernah merasakan atmosfer pertandingan di turnamen sepak bola Asia Tenggara itu.

    Timnas Indonesia sudah bertolak ke Singapura untuk menjalani Piala AFF 2020 yang akan dimulai pada 5 Desember 2021. Tim Garuda sendiri baru akan menjalani laga pertamanya pada 9 Desember dengan menghadapi Kamboja.

    Dua kemenangan dalam laga uji coba di Turki, yaitu 4-1 atas Myanmar dan 4-0 atas tim lokal Turki, Antalyaspor, serta kekalahan 0-1 dari Afghanistan, diharapkan sudah cukup membuat Tim Garuda bisa memberikan performa terbaik di Grup B Piala AFF nanti.

    Satu hal yang menarik, dari 30 pemain yang dibawa oleh Shin Tae-yong ke Singapura, tercatat hanya ada lima pemain yang sudah pernah tampil di Piala AFF edisi sebelumnya, yaitu Evan Dimas Darmono, Fachrudin Aryanto, Victor Igbonefo, Dedik Setiawan, dan Irfan Jaya.

    Fachrudin Aryanto dan Evan Dimas adalah pemain yang paling berpengalaman bersama Timnas Indonesia di Piala AFF. Fachrudin sudah memperkuat Tim Garuda sejak Piala AFF 2012 dan selalu ikut dalam setiap edisi berikutnya, bahkan menjadi wakil kapten di edisi terakhir, 2018.

    Sementara Evan Dimas, setelah tampil luar biasa bersama Timnas Indonesia U-19 pada 2013, masuk dalam skuad Garuda di Piala AFF 2014 dan setelah itu selalu menjadi langganan hingga edisi terakhir pada 2018 lalu.

    Victor Igbonefo, Irfan Jaya, dan Dedik Setiawan merupakan pemain yang tercatat hanya pernah tampil dalam satu edisi Piala AFF. Victor Igbonefo pernah memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2014, sementara Dedik Setiawan dan Irfan Jaya masuk dalam skuad Piala AFF 2018.

    2 dari 7 halaman

    Fachrudin Aryanto

    Fachrudin Aryanto tampil dalam tiga pertandingan yang dijalani Timnas Indonesia di Piala AFF 2012. Pada laga pertama kontra Laos, ia bermain sebagai pengganti masuk pada menit ke-72 menggantikan Handi Ramdhan. Sementara dalam laga kontra Singapura dan Malaysia, Fachrudin menjadi starter dan bermain penuh.

    Pada edisi 2014, Fachrudin Aryanto hanya satu kali masuk dalam daftar susunan pemain, yaitu pada laga terakhir fase grup kontra Laos, di mana Indonesia sudah dipastikan tidak lolos ke semifinal dan berhasil menang 5-1 dalam laga tersebut.

    Pada Piala AFF 2016, Fachrudin Aryanto sudah mendapat kepercayaan dari Alfred Riedl untuk menjadi stoper utama Timnas Indonesia dalam tiga pertandingan fase grup. Bahkan Fachrudin menjadi pencetak gol pembuka saat Tim Garuda bermain imbang 2-2 dengan Filipina.

    Sempat absen dalam leg pertama semifinal kontra Vietnam di Stadion Pakansari, Bogor, Fachrudin turun di leg kedua yang digelar di Hanoi dan membantu Timnas Indonesia melangkah ke final untuk menghadapi Thailand. Dalam dua laga final, Fachrudin menjadi starter, tapi Tim Garuda gagal meraih gelar juara karena kalah agregat 4-1 dari Thailand.

    Kemudian di edisi Piala AFF 2018, Fachrudin Aryanto yang masuk dalam beberapa pemain senior di antara pemain muda asuhan Bima Sakti mendapatkan kesempatan bermain dalam empat laga di fase grup, di mana pada laga pertama kontra Singapura ia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

    Tampil sebagai starter dalam tiga laga berikutnya, Fachrudin sukses mencetak gol keduanya di sepanjang penampilan di Piala AFF ketika menghadapi Thailand. Gol yang dicetaknya memberikan Timnas Indonesia gol kedua dalam kekalahan 2-4 di Stadion Rajamangala, Bangkok.

     

     
    3 dari 7 halaman

    Evan Dimas

     

    Tidak berbeda dengan Fachrudin Aryanto dan Victor Igbonefo, Evan Dimas juga mendapatkan kesempatan pertamanya di Piala AFF 2014 kala menghadapi Laos di pertandingan terakhir.

    Evan Dimas bahkan mampu menciptakan gol debutnya di Timnas Indonesia senior dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Tim Garuda.

    Sementara di Piala AFF 2016, Evan Dimas mengawali kiprahnya sebagai pemain pengganti di laga pertama fase grup dan bermain sebagai starter dalam dua laga berikutnya. Namun, di dua leg semifinal dan final, Evan selalu duduk di bangku cadangan.

    Kemudian di Piala AFF 2018, Evan Dimas sudah menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di lini tengah. Menjadi pemain yang dibawa oleh Bima Sakti selepas penampilan di Asian Games 2018, Evan menjadi jenderal di lapangan tengah dalam empat laga yang dimainkan Timnas Indonesia saat itu. Namun, aksi Tim Garuda tidak maksimal dan tersingkir di fase grup.

     

    4 dari 7 halaman

    Victor Igbonefo

    Victor Igbonefo hanya satu kali bertanding dalam satu-satunya edisi Piala AFF yang diikutinya pada 2014. Bek naturalisasi ini hanya duduk di bangku cadangan dalam dua laga pertama Tim Garuda dan baru bermain sebagai starter saat menghadapi Laos, di mana Timnas Indonesia sudah tidak punya peluang ke semifinal.

    Setelah itu, Victor Igbonefo belum lagi mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF hingga akhirnya panggilan dari Shin Tae-yong datang pada tahun ini.

    Bagi Victor Igbonefo jelas ini merupakan kesempatan kedua yang datang setelah tujuh tahun berselang. Dengan penampilan apiknya bersama Persib Bandung dan Timnas Indonesia di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu, Victor diyakini bakal menjadi andalan di lini pertahanan Tim Garuda di Piala AFF 2020.

     

    5 dari 7 halaman

    Irfan Jaya

    Irfan Jaya adalah pemain yang baru pertama kali tampil di Piala AFF 2018. Pemain sayap berkaki cepat itu langsung mendapatkan kepercayaan dari Bima Sakti untuk turun sebagai starter dalam laga pertama Timnas Indonesia menghadapi Singapura. Namun, ia ditarik keluar pada awal babak kedua dan digantikan oleh Riko Simanjuntak yang juga memiliki kaki yang cepat.

    Hanya menjadi pemain cadangan dalam tiga pertandingan berikutnya, yaitu menghadapi Timor Leste, Thailand, dan Filipina, Irfan Jaya mendapatkan kepercayaan lagi untuk kali kedua di laga kontra Filipina. Ia masuk lapangan pada menit ke-71 menggantikan Andik Vermansah.

     

    6 dari 7 halaman

    Dedik Setiawan

    Tak jauh berbeda dengan Irfan Jaya, Dedik Setiawan yang juga baru pertama kali masuk skuad Piala AFF pada 2018 lalu kerap menjadi cadangan. Bahkan bisa dibilang pemain Arema itu memang menjadi pelapis di skuad Timnas Indonesia saat itu.

    Namun, Bima Sakti tetap memberikan kesempatan kepadanya untuk tampil dalam dua pertandingan. Dedik tampil dalam dua laga terakhir Tim Garuda di fase grup Piala AFF 2018, masuk pada menit ke-86 dalam laga kontra Thailand dan pada menit ke-82 saat menghadapi Filipina.

    7 dari 7 halaman

    Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Kiper

    1. M. Riyandi, Barito Putera

    2. Nadeo Argawinata, Bali United

    3. Ernando Ari, Persebaya Surabaya

    4. Syahrul Fadillah, Persikabo 1973

    Bek

    5. Fachrudin Aryanto, Madura United

    6. Victor Igbonefo, Persib bandung

    7. Ryuji Utomo, Penang FC

    8. Alfeandra Dewangga, PSIS Semarang

    9. Elkan Baggott, Ipswich Town

    10. Pratama Arhan, PSIS Semarang

    11. Edo Febriansyah, Persita Tangerang

    12. Rizky Ridho, Persebaya Surabaya

    13. Rizky Dwi, Arema FC

    14. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

    15. Marckho Sandi, Borneo FC

    Gelandang

    16. Evan Dimas, Bhayangkara FC

    17. Kadek Agung, Bali United

    18. Rachmat Irianto, Persebaya Surabaya

    19. Ahmad Agung, Persik Kediri

    20. Ricky Kambuaya, Persebaya Surabaya

    21. Syahrian Abimanyu, Johor Darul Ta'zim

    22. Irfan Samaling, PSS Sleman

    23. Ramai Rumakiek, Persipura Jayapura

    24. Witan Sulaeman, Lechia Gdanks

    25. Egy Maulana Vikri, FK Senica

    26. Yabes Roni, Bali United

    Penyerang

    27. Kushedya Hari Yudo, Arema FC

    28. Dedik Setiawan, Arema FC

    29. Hanis Saghara, Persikabo 1973

    30. Ezra Walian, Persib Bandung

    Video Populer

    Foto Populer