Sukses


    Media Tetangga Edisi Pamer: Statistik Maut Vietnam, Bikin Timnas Indonesia dan Malaysia Lemas Duluan di Grup Neraka Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Grup B Piala AFF 2020 dilabeli grup neraka. Bagaimana tidak, di situ ada juara bertahan Vietnam, lalu Malaysia, dan Timnas Indonesia.

    Media Vietnam, Bongda, menyebut skuad negaranya membuat Timnas Indonesia dan Malaysia ketar-ketir.

    Kemunculan pelatih Park Hang Seo empat tahun lalu membantu Vietnam membuat lompatan ajaib. Tak hanya prestasi terpuji di ASEAN, Timnas U-23 dan Timnas Senior Vietnam naik ke posisi 1 di Asia Tenggara.

    Menurut statistik, Vietnam di bawah Park Hang-seo (termasuk U-23 dan tim senior) tidak pernah kalah dalam 31 pertandingan melawan 9 tim di Asia Tenggara (kecuali Timor Leste yang belum bertemu).

    Dalam daftar ini, Thailand, Indonesia dan Malaysia adalah tim yang paling banyak bertemu dengan Vietnam di bawah polesan Park Hang-seo. Timnas Indonesia kalah 5 kali dari Vietnam (3 kali kalah di U-23 dan 2 kali kalah di level senior).

    Malaysia di bawah pelatih Tan Cheng Hoe juga tak berkutik melawan Vietnam. Dalam 5 pertandingan, Vietnam menang 4 kali dan seri 1 kali.

    Sementara Thailand, imbang 3 kali dan kalah 3 kali melawan Vietnam. Dalam rangkaian 6 pertandingan ini, Thailand berganti menjadi 3 pelatih di antaranya Sirisak Yodyardthai, Akira Nishino, dan Milovan Rajevac.

    2 dari 3 halaman

    Ingat Masa Lalu

    Timnas Indonesia, Vietnam, dan Malaysia, akan memperebutkan dua tiket ke semifinal. Vietnam sangat percaya diri mampu memenangkan persaingan.

    Namun, mereka juga sangat waspada. Pasalnya, Indonesia juga pernah menjadi batu sandungan mereka.

    Di Piala AFF 2004, Indonesia membuat Vietnam tersingkir dari babak penyisihan grup. Selanjutnya di Piala AFF 2016, Indonesia juga membuat Vietnam terhenti di semifinal.

    Malaysia juga merupakan lawan yang tidak menyenangkan bagi Vietnam. Di Piala AFF 2010 dan 2014, Vietnam juga kalah dari Malaysia di semifinal turnamen tersebut.

    Namun, pesona Pelatih Park Hang Seo membantu Vietnam membalikkan keadaan melawan Timnas Indonesia dan Malaysia.

    Sumber: Bongda

    3 dari 3 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Kamis, 9 September 2021

    • Timnas Indonesia Vs Kamboja

    Minggu, 12 Desember 2021

    • Laos Vs Timnas Indonesia

    Rabu, 15 Desember 2021

    • Timnas Indonesia Vs Vietnam

    Minggu, 19 Desember 2021

    • Malaysia Vs Timnas Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer