Sukses


    In Shin Tae-yong We Trust: 5 Alasan Timnas Indonesia Siap Akhiri Kutukan Piala AFF

    Bola.com, Jakarta - Perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 bakal dimulai dalam hitungan hari. Ajang ini diharapkan bisa memberikan nasib baik buat tim Merah Putih.

    Timnas Indonesia belum pernah berjodoh dengan Piala AFF. Sepanjang 12 kali keikutsertaannya, Timnas Indonesia belum pernah juara meskipun lima kali bermain di final.

    PSSI akhirnya menetapkan Piala AFF 2020 sebagai target yang wajib dipenuhi oleh pelatih Shin Tae-yong. Beban itu sudah diberikan ke Shin Tae-yong sejak pertama kali diumumkan sebagai pelatih pada Desember 2019.

    Pengalaman membawa Timnas Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018 membuat publik berharap banyak pada Shin Tae-yong. Ekspektasi yang tentu tak berlebihan buat masyarakat yang sudah merindukan timnasnya meraih gelar.

    Apalagi Timhnas Indonesia menunjukkan perkembangan signifikan di bawah asuhan Shin Tae-yong. Rasa percaya diri masyarakat dan para pemain melambung tinggi akan petualangan di Piala AFF 2020.

    Bola.com mencatat, ada lima faktor yang membuat Timnas Indonesia berpeluang mengakhiri puasa gelar Piala AFF. Lantas, apa saja faktor-faktor yang mendukung Timnas Merah Putih meraih kesuksesan di Piala AFF 2020 bersama Shin Tae-yong?

    2 dari 6 halaman

    Tangan Dingin Shin Tae-yong

    Piala AFF 2020 menjadi edisi perdana bagi Timnas Indonesia dipimpin pelatih Shin Tae-yong. Ini juga menjadi kali pertama Timnas Garuda dipimpin pelatih asal Asia yang dikenal disiplin dan berkarakter keras.

    Sejauh ini, kenyataannya kehadiran Shin Tae-yong memberikan dampak signifikan buat Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu membenahi semua aspek yang ada di Timnas Indonesia mulai dari fisik hingga yang paling dasar seputar masalah passing.

    Shin Tae-yong juga dikenal sebagai pelatih yang tak kenal ampun, terutama dalam masalah kedisiplinan. Perlahan tetapi pasti, mental para pemain Timnas Indonesia mulai membaik dan mirip dengan standar dari pesepak bola elite dunia.

    3 dari 6 halaman

    Persiapan Matang

    Timnas Indonesia memiliki persiapan yang matang jelang Piala AFF 2020. Evan Dimas dkk sudah melakukan persiapan sejak awal November 2021 di Turki dan melakukan tiga laga uji coba.

    Persiapan ini lebih baik ketimbang rival segrup semisal Vietnam dan Malaysia. Shin Tae-yong mendapatkan semua pemain yang dilepas oleh klub meskipun kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 sedang berjalan.

    Timnas Indonesia pun meraih hasil positif pada pemusatan latihan di Turki. Skuat Merah Putih meraih dua kemenangan dan hanya kalah tipis pada satu pertandingan.

    4 dari 6 halaman

    Bantuan Pemain Luar Negeri

    Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 cukup mentereng. Setidaknya ada lima pemain yang berkarier di luar negeri.

    Mereka adalah Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Elkan Baggott (Ipswich Town), dan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk). Kualitas yang mereka dimiliki bakal menjadi pembeda di skuat Merah Putih.

    Apalagi para pemain tersebut memiliki kualitas yang gemilang di lapangan. Mereka juga pernah berhadapan dengan pemain-pemain hebat di luar negeri.

    5 dari 6 halaman

    Jadwal Bersahabat

    Timnas Indonesia memiliki jadwal yang bersahabat di penyisihan Grup BPiala AFF 2020. Di saat semua rival sudah memainkan pertandingan pertama pada 6 Desember 2021, Timnas Indonesia baru bermain pada 9 Desember 2021.

    Tambahan waktu persiapan yang dimiliki membuat Timnas Indonesia bisa menguntungkan. Apalagi pada dua laga awal mereka mendapatkan lawan yang relatif mudah yakni Kamboja (9/12/2021) dan Laos (12/12/2021). 

    Bila Timnas Indonesia bisa menyapu bersih dua laga tersebut dengan kemenangan, maka laju menuju babak selanjutnya lebih mudah. Namun, tetap saja Evan Dimas dkk harus fokus dan tak boleh memandang sebelah mata semua kekuatan lawan.

    6 dari 6 halaman

    Dukungan Masif

    Serupa dengan edisi-edisi sebelumnya, Timnas Indonesia selalu mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak bila bertempur di Piala AFF. Apalagi publik sudah tak sabar untuk melihat Timnas Indonesia mengakhiri rasa penasaran terhadap Piala AFF.

    Lima kali tampil di final dan selalu gagal juara sudah cukup memberikan pelajaran buat Timnas Indonesia. Piala AFF 2020 menjadi momentum buat Timnas Indonesia mengakhiri puasa gelar dan mencetak sejarah.

    PSSI bahkan kabarnya sudah menyiapkan bonus bila Timnas Indonesia mampu menjadi juara. Bonus yang tentu bakal bertambah dari banyak pihak mengingat gelar ini sudah lama dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Video Populer

    Foto Populer