Sukses


    Jejak Pelatih Asing Timnas Indonesia di Piala AFF, Akankah Shin Tae-yong Akhiri Puasa Titel Juara?

    Bola.com, Jakarta - Kamis (09/12/2021), perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 bakal dimulai dengan bersua Kamboja. Ajang ini diharapkan bisa memberikan nasib baik buat tim Merah Putih.

    Maklum Timnas Indonesia belum pernah berjodoh dengan Piala AFF. Sepanjang 12 kali keikutsertaannya, Timnas Indonesia belum pernah juara meskipun lima kali bermain di final.

    Padahal beragam usaha sudah dilakukan, termasuk merekrut pelatih asing. Pada Piala AFF 2020, Timnas Indonesia bahkan ditukangi pelatih level dunia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. 

    Shin Tae-yong yang pernah membawa Timnas Korea Selatan mentas di Piala Dunia pun mendapat target agar Skuad Garuda meraih titel juara. Juara memang sudah jadi harga mati setelah publik Tanah Air berulang kali dibuat kecewa. 

    Nah Sepanjang keikutsertaannya di Piala AFF sejak 1996, Timnas Indonesia pernah ditangani oleh tiga pelatih asing. Alfred Riedl menjadi ekspatriat yang paling sering memoles tim berjulukan Skuad Garuda itu.

    Shin Tae-yong akan berlabel nakhoda asing keempat Timnas Indonesia di Piala AFF. Jadi siapa saja sih pelatih asing yang pernah bertugas di Piala AFF untuk Timnas Indonesia? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

    2 dari 5 halaman

    Alfred Riedl

    Mendiang Riedl yang wafat pada 8 Desember 2020 itu pernah tiga kali memoles Timnas Indonesia di Piala AFF, tepatnya pada 2010, 2014, dan 2016.

    Riedl mampu membawa Skuad Garuda ke final pada 2010 dan 2016, namun takluk dari Malaysia dan Thailand. Pada 2014, Timnas Indonesia terkapar di penyisihan grup.

    3 dari 5 halaman

    Ivan Kolev

    Peluang terbesar Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF terjadi pada 2002. Ketika itu, Skuad Garuda bermain 2-2 melawan Thailand dalam waktu normal.

    Kala itu, Timnas Indonesia dilatih oleh Ivan Kolev, peracik strategi bertangan dingin dari Bulgaria. Namun, Skuad Garuda kalah 2-4 dari tim berjuluk Changsuek itu pada adu penalti di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 29 Desember 2002. 

    4 dari 5 halaman

    Peter Withe

    Timnas Indonesia tampil menjanjikan pada fase grup Piala AFF 2004. Armada Peter Withe itu mampu menjuarai Grup A dengan tiga kemenangan dan sekali imbang.

    Superioritas Timnas Indonesia rontok pada laga final yang berlangsung dua leg. Skuad Garuda kalah 2-5 secara agregat dari Singapura.

    Peter Withe tetap dipertahankan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2007. Namun, arsitek asal Inggris itu gagal total karena Skuad Garuda tersungkur di penyisihan grup.

    5 dari 5 halaman

    Rapor Pelatih Asing Timnas Indonesia di Piala AFF

    • Piala AFF 2002: Ivan Kolev ((Runner-up)
    • Piala AFF 2004: Peter White (Runner-up)
    • Piala AFF 2007: Peter White (Penyisihan)
    • Piala AFF 2010: Alfred Riedl (Runner-up)
    • Piala AFF 2014: Alfred Riedl (Penyisihan)
    • Piala AFF 2016: Alfred Riedl (Runner-up)

    Video Populer

    Foto Populer