Sukses


    Jelang Laga Pertama di Piala AFF 2020, Aji Santoso Yakin Timnas Indonesia Gebuk Kamboja

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal melakoni pertandingan pertama Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). Kamboja akan menjadi lawan pertama Tim Garuda di turnamen sepak bola Asia Tenggara itu.

    Kamboja sudah menjalani laga pertamanya di Piala AFF 2020. Mereka takluk 1-3 dari Malaysia pada Senin (6/12/2021).

    Timnas Indonesia tentu saja lebih diunggulkan. Kamboja bukan termasuk tim tradisional Asia Tenggara yang bisa bersaing di Piala AFF. Mereka bahkan tak pernah menembus fase gugur.

    Kendati demikian, pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengingatkan Timnas Indonesia untuk tidak meremehkan kekuatan Kamboja. Tim lawan sangat mungkin melahirkan kejutan yang malah merepotkan.

    “Saya sebagai warga Indonesia tentunya mengharapkan Timnas Indonesia bisa menang di dalam pertandingan pertama. Tapi, menurut saya tidak mudah karena saya lihat lawan Timnas Indonesia di Piala AFF ini persiapannya cukup bagus,” kata Aji Santoso.

    2 dari 3 halaman

    4 Tim yang Wajib Diwaspadai

    Aji Santoso mengingatkan ada empat negara yang menjadi pesaing Timnas Indonesia yang memasang target juara edisi kali ini. Kekuatan empat tim itu harus diantisipasi dalam persaingan turnamen ini.

    “Dalam pertandingan pertama ini, Timnas Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa menang, dengan catatan pemain-pemain bisa tampil seperti apa yang Coach Shin Tae-yong inginkan,” ucap pria yang semasa bermain membawa Timnas Indonesia meraih emas SEA Games 1991 itu.

    “Tim-tim yang perlu diwaspadai, jujur saya sampaikan, Indonesia di Asia Tenggara itu selevel dengan Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Singapura. Tidak bermaksud mengecilkan negara-negara lain, tapi seperti Kamboja, terus Filipina, Laos, menurut saya Indonesia masih di atas mereka,” imbuhnya.

    Empat negara unggulan yang disebutkan oleh Aji Santoso itu memang penguasa sepak bola Asia Tenggara. Kebetulan, memang hanya empat tim tersebut yang pernah meraih gelar Piala AFF sejak pertama digelar dengan nama Piala Tiger mulai 1996.

    3 dari 3 halaman

    Dukungan agar Bisa Maksimal

    Timnas Indonesia belum pernah menjadi yang terbaik dalam ajang sepak bola antarnegara Asia Tenggara itu. Prestasi terbaik Tim Merah-Putih hanyalah runner-up dan itu didapatkan sebanyak lima kali.

    Pemain muda Persebaya, Marselino Ferdinan, ikut mendoakan Timnas Indonesia bisa meraih hasil maksimal. Dia tahu sendiri bagaimana kinerja pelatih Shin Tae-yong, lantaran juga tergabung di Timnas Indonesia U-23.

    “Melihat dari persiapan Shin Tae-yong di Turki, kelihatan seperti bagaimana dia menggedor fisik pemain, meskipun tim senior. Semoga laga pertama timnas senior di Piala AFF bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” tutur Marselino.

    Video Populer

    Foto Populer