Sukses


    Piala AFF 2020: 45 Menit Menawan Elkan Baggott, Pertahanan Timnas Indonesia Mendadak Rapat Sulit Ditembus Laos

    Bola.com, Singapura - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan telak 5-1 atas Laos dalam laga Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore WIB. Satu hal yang menarik dalam pertandingan ini, penampilan Elkan Baggott yang masuk di babak kedua langsung membuat pertahanan Tim Garuda benar-benar sulit ditembus oleh lawan.

    Elkan Baggott akhirnya mendapatkan kesempatan bermain untuk pertama kalinya di Piala AFF 2020 pada awal babak kedua pertandingan Timnas Indonesia kontra Laos. Pemain Ipswich Town itu masuk menggantikan Rachmat Irianto dalam pertandingan ini.

    Dalam pertandingan pertama Timnas Indonesia kontra Kamboja, dan pada babak pertama laga kontra Laos, gawang Timnas Indonesia kebobolan. Ketika melawan Kamboja, gawang Syahrul Trisna kebobolan dua kali. Sementara pada babak pertama laga kontra Laos, gawang Ernando Ari sekali kebobolan.

    Namun, hal tersebut berubah ketika Elkan Baggott masuk dan menjadi menara yang berdiri di pusat pertahanan Timnas Indonesia. Masuknya Elkan Baggott pada awal kedua, bersama Witan Sulaeman, membuat komposisi Timnas Indonesia sedikit berubah.

    Elkan Baggott berdiri di tengah, di antara Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho di pusat pertahanan Tim Garuda, sementara Alfeandra Dewangga sedikit bergeser ke kiri, dan Edo Febriansyah maju ke posisi gelandang sayap, seperti halnya Asnawi di sisi kanan. Hasilnya, pertahanan Tim Garuda tampil lebih baik di babak kedua.

    Tak hanya mampu mengadang upaya Laos untuk menembus pertahanan Timnas Indonesia, Elkan Baggott juga kerap menjadi awal dari pembangunan serangan yang dilakukan Tim Garuda pada pertandingan ini.

    Bahkan pada menit ke-81, Elkan Baggott hampir saja menambah keunggulan Timnas Indonesia lewat tandukan kepalanya. Sayangnya, bola masih membentur tiang gawang dan pemain keturunan Inggris dan Thailand itu belum berhasil mencetak gol pertama untuk Timnas Indonesia.

    2 dari 3 halaman

    Pujian dari Masyarakat

    Bahkan masuknya Elkan Baggott di babak kedua pertandingan kontra Laos disambut hangat oleh pecinta Timnas Indonesia. Kehadiran menara yang berdiri menjulang di pusat pertahanan Tim Garuda itu dianggap menjadi satu kunci keberhasilan Tim Garuda menang telak dan tak lagi kebobolan.

    "Masuk Elkan Baggott, mainnya timnas semakin oke," kicau @yulius_wisnu.

    Sebuah pandangan juga disampaikan oleh Yoland Gautama di linimasa Twitter mengenai Elkan Baggott.

    "Baru 19 tahun tapi vital banget perannya, enggak hanya bagus di pertahanan, tapi juga bagus membangun serangan, apalagi juga bisa mengangkat moral tim. Kualitas pemain yang main di luar negeri memang jauh," kicaunya.

    3 dari 3 halaman

    Pemanasan untuk Hadapi Vietnam

    Ketika Elkan Baggott tidak masuk dalam 11 pemain awal Timnas Indonesia kontra Laos, banyak yang meyakini memang pemain yang berkarier di Inggris ini belum perlu bermain di pertandingan kedua Indonesia di Piala AFF ini.

    Namun, Shin Tae-yong sepertinya berpikir berbeda. Melihat gawang tim asuhannya sudah kebobolan satu gol di babak pertama, pelatih asal Korea Selatan itu pun memasukkan Elkan untuk menjadi komandan di lini pertahanan Tim Garuda.

    Tak hanya untuk menghindari kemungkinan gawang Ernando Ari kebobolan lagi, masuknya Elkan Baggott di babak kedua pertandingan ini bisa menjadi pemanasan yang baik bagi sang pemain jelang laga ketiga Timnas Indonesia, di mana Vietnam yang akan menjadi lawan.

    Tentunya dalam dua pertandingan terakhir di Grup B Piala AFF 2020, yaitu melawan Vietnam dan Malaysia, Shin Tae-yong akan benar-benar menurunkan komposisi terbaik yang dimiliki timnya, termasuk Elkan Baggott di lini pertahanan Timnas Indonesia.

    Video Populer

    Foto Populer