Sukses


    Banyak Kontroversi Keputusan Wasit, Vietnam Klaim Piala AFF 2022 Pakai VAR

    Bola.com, Singapura - Banyaknya keputusan kontroversial yang dilakukan wasit pada Piala AFF 2020 mendorong rencana penggunaan teknologi video assistant referee (VAR). Kabarnya, usulan itu sudah diterima dan siap direalisasikan pada Piala AFF 2020.

    Kinerja wasit menjadi sorotan di Piala AFF 2020. Situasi itu terjadi karena banyak keputusan wasit yang kontroversial sehingga merugikan hampir semua peserta.

    Teranyar dialami Vietnam pada leg 1 semifinal Piala AFF 2020 melawan Thailand (23/12/2021). Banyak keputusan wasit yang merugikan Vietnam sehingga harus mengakui kekalahan 0-2.

    Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) bergerak cepat menindaklanjuti masalah tersebut. Wakil Presiden VFF, Tran Quoc Tuan, langsung melakukan pembicaraan dengan Presiden AFF, Khiev Sameth, dan Sekjen AFF, Winston Lee.

    Semuanya sepakat Piala AFF membutuhkan kehadiran VAR. Tujuannya adalah agar tidak ada lagi keputusan wasit yang merugikan tim yang sedang bertanding dan siap digunakan pada Piala AFF 2022.

    "Sepak bola Asia Tenggara berada pada momentum perkembangan yang kuat. Level antara tim telah menipis, pertandingan juga jauh lebih intens dan sengit. Sehingga wasit harus lebih fokus," bunyi pernyataan VFF.

    “Presiden AFF Khiev Samet menyetujui, dan memberikan apresiasi tinggi terhadap pendapat wakil presiden VFF Tran Quoc Tuan, dan mengatakan dia akan mempelajari masalah itu, dan berencana menggunakan VAR pada Piala AFF 2022," tulis VFF.

    Kehadiran VAR pada Piala AFF 2022 tentu bakal semakin menarik. Namun, dibutuhkan sumber daya manusia dan dana untuk bisa mewujudkan kehadiran teknologi tersebut.

    2 dari 3 halaman

    Evaluasi Kinerja Wasit

    AFF langsung melakukan evaluasi terhadap kinerja para wasit di Piala AFF 2020. Tujuannya adalah agar tidak ada lagi keputusan yang merugikan sehingga membuat pertandingan berlangsung tidak menarik.

    AFF menjamin akan meminimalisir keputusan kontroversial wasit di Piala AFF 2020. Ada empat laga tersisa di Piala AFF 2020 yang diyakinkan akan berlangsung menarik dan adil.

    "Dalam waktu dekat, AFF perlu meninjau dan mengevaluasi kualitas dan kinerja wasit untuk mendapatkan solusi yang lebih efektif untuk dua pertandingan semifinal yang tersisa, dan dua laga final Piala AFF," bunyi pernyataan di situs resmi VFF.

    3 dari 3 halaman

    Dapat Dukungan

    Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, mendukung rencana penggunaan VAR di Piala AFF 2022. Tujuannya agar semua pertandingan bisa terhindar dari keputusan kontroversial wasit.

    "Saya hanya punya satu permintaan kepada penyelenggara, VAR sangat populer saat ini dan kita harus membawanya ke turnamen ini. Mudah-mudahan, itu akan digunakan di turnamen berikutnya untuk membantu wasit membuat keputusan yang tepat," ucap Park Hang-seo.

    Hal senada juga diungkapkan Shin Tae-yong. Pelatih Timnas Indonesia itu menilai, VAR dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas Piala AFF pada masa depan.

    "Untuk meningkatkan kualitas turnamen, para pemain harus lebih bekerja keras dan wasit juga, tentu butuh VAR," jelas Shin Tae-yong.

    Video Populer

    Foto Populer