Sukses


    Legenda Oranje: Timnas Belanda dalam Masa Transisi di Piala Dunia 2022

     

    Bola.com, Jakarta - Legenda Timnas Belanda, Johan Neeskens, bicara peluang Oranje di Piala Dunia 2022.

    Neeskens menganggap Belanda sedang dalam masa transisi setelah kehilangan sejumlah pemain senior yang pensiun.

    Neeskens, yang memegang rekor pencetak gol tercepat di final Piala Dunia, yakin Belanda bukan satu-satunya negara yang mengalami transisi dan banyak tim menghadapi situasi serupa. Dia yakin negaranya sekarang memiliki tim hebat yang siap untuk menantang gelar lagi dengan beberapa pemain muda yang brilian.

    "Tentu saja, selalu ada situasi yang tidak Anda sukai. Yang tidak ingin Anda lihat. Tapi saya pikir itu tidak hanya terjadi dengan Belanda, saya pikir ada lebih banyak negara di masa lalu yang benar-benar sukses dan kemudian tiba saatnya para pemain menua dan mereka tidak ada lagi," kata Neeskens kepada WION.

    2 dari 5 halaman

    Butuh Waktu

    Neeskens menambahkan, dalam masa transisi itu, memang membutuhkan waktu. 

    "Jadi beri pemain muda waktu untuk mendapatkan pengalaman ini. Dan mungkin mereka juga tidak bermain di tim terbesar di liga terbesar sehingga Anda tidak bisa mengharapkan mereka langsung melesat," lanjutnya.

    "Selama 6-7 tahun, para pemain ini memiliki kualitas dan kemudian tiba-tiba Anda harus membangun tim baru dengan 5-6 pemain yang lebih muda. Jangan berharap bahwa mereka langsung bertanggung jawab di lapangan. Itu butuh waktu," katanya.

    3 dari 5 halaman

    Langganan Runner-up

    Menurut Neeskens, periode antara 2016-2020 itulah yang terjadi dengan Belanda.

    "Sekarang Anda memiliki pemain muda fantastis yang sudah bermain di level yang lebih tinggi, jadi saya pikir sekarang segalanya telah berubah. Tetapi Anda tidak melihat itu hanya dengan Belanda tetapi banyak tim lain," jelasnya.

    Belanda adalah satu di antara tim paling sukses di dunia sepak bola dan memiliki sejarah yang kaya di Piala Dunia, dengan 10 penampilan. Belanda telah memainkan tiga final Piala Dunia tetapi belum meraih gelar.

    4 dari 5 halaman

    Periode Sulit

    Belanda membuat penampilan terakhir terakhir mereka di Piala Dunia pada tahun 2010 sebelum mengamankan tempat ketiga pada tahun 2014. Namun, tim berjuang dalam fase transisi dari 2014 dan seterusnya dan akhirnya kehilangan tempat di Piala Dunia 2018.

    Setelah gagal lolos ke Euro 2016, performa buruk Belanda berlanjut selama kualifikasi Piala Dunia 2018. Mereka finis ketiga di belakang Prancis dan Swedia di Grup A dan gagal lolos ke turnamen yang merupakan kekecewaan besar bagi Oranje.

     

    Sumber: WION

    5 dari 5 halaman

    Saksikan Semarak Piala Dunia 2022 di Emtek Group

    SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Group yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia bakal memanjakan pecinta bola Tanah Air dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan yang pastinya seru nih.

    Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan Moji. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

    Tayanan Piala Dunia juga bisa disaksikan lewat saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio.

    Piala Dunia 2022 akan dimulai 21 November 2022. Rangkaian Piala Dunia 2022 di Emtek Group sudah dimulai sejak pengundian fase grup pada 1 April 2022 di Doha, Qatar.

    Video Populer

    Foto Populer