Sukses


Tim Ganda Putri Pelatnas Asah Kekompakan di Sukabumi

Bola.com, Sukabumi - Tim ganda putri pelatnas utama PBSI menggelar kegiatan team building di Sukabumi, Jawa Barat, pada 28-30 Januari 2019. Kegiatan ini bertujuan mengasah kekompakan, bersantai, serta mendiskusikan target pada 2019. 

Team building bukan agenda baru di tim ganda putri. Pada 2017 tim ganda putri juga mengadakan acara yang sama. Namu, pada 2018 kegiatan serupa tak digelar karena jadwal yang tidak memungkinkan.

Pada hari pertama para atlet mengikuti beberapa games ice breaking. Malam harinya mereka berkumpul bersama di depan api unggun sambil berbagi seputar kesan-kesan dan harapan serta target pada 2019.

“Tujuannya pertama untuk refreshing, dan ada diskusi soal target, mengenai apa yang mau dicapai di tahun 2019. Kalau games memang sengaja untuk memperkuat teamwork, untuk melatih komunikasi sama partner, dan bagaimana bekerja sama,” ujar Pelatih Kepala Ganda Putri PBSI, Eng Hian, melalui rilis dari PBSI, Selasa (29/1/2019).  

“Saat ini di tim putri yang masih menjadi kendala utama adalah kekuatan mental dan penekanan tujuan mereka itu apa sih ada di pelatnas? Sebagai pelatih, saya tidak henti-hentinya mengingatkan mereka soal ini. Itu menjadi salah satu faktor kekurangan dari ganda putri,” jelasnya.

 

2 dari 2 halaman

Fakto Non-Teknis

Eng juga berharap anggota tim semakin dekat satu sama lain. Termasuk ia dan Chafidz Yusuf (Asisten Pelatih PBSI), yang juga mendekatkan diri kepada para pemain.

“Tugas saya bagaimana bisa mendekatkan ke anak-anak, karena mereka perempuan, mungkin banyak sungkan ke saya. Memang di ganda putri yang isinya perempuan semua, lebih banyak faktor non teknisnya,” ujar Eng.

Tak jarang ia harus terjun langsung untuk membantu para atlet dalam menyelesaikan permasalahan pribadi yang memengaruhi konsentrasi dan penampilan mereka di lapangan.

“Saya harapkan bisa sampai begitu dan memang sudah banyak juga. Kalau mereka sudah nyaman, tugas saya untuk bantu menyelesaikan. Kalau anak-anak sudah beri lampu hijau untuk saya bicara misalnya dengan orangtuanya, dengan senang hati. Yang penting bagaimana mereka bisa menyelesaikan masalah dan nyaman lagi supaya bisa bisa bagus lagi performanya,” beber Eng.

Acara team building hari kedua diisi dengan jogging bersama menuju air terjun. Selain bertujuan menjaga kondisi fisik, sesi ini juga dimaksudkan untuk mempererat kebersamaan tim. Saat mengunjungi jembatan goyang, para pemain saling membantu teman-temannya yang takut akan ketinggian, seperti Rizki Amelia Pradipta dan Nitya Krishinda Maheswari.

Video Populer

Foto Populer