Sukses


    Indonesia Bidik 45 Emas, Malaysia Dinilai Mampu Mendulang 76 Medali Emas SEA Games 2019

    Bola.com, Jakarta - Kontingen Malaysia dinilai mampu mendulang 76 medali emas pada SEA Games 2019 yang akan digelar di Filipina mulai 30 November mendatang. Demikian pernyataan dari mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Olimpiade Malaysia (OCM), Datuk Sieh Kok Chi.

    Pada edisi sebelumnya di Kuala Lumpur, dua tahun lalu, Malaysia keluar sebagai juara umum. Malaysia berhasil meraup 145 medali emas, 92 perak, dan 86 perunggu. Hal tersebut dinilai wajar mengingat Malaysia merupakan tuan rumah SEA Games tersebut.

    Rekor terbaik Malaysia di SEA Games saat tidak menjadi tuan rumah adalah pada 2007. Pada perhelatan yang berlangsung di Nakhon Ratchasima, Thailand, tersebut Malaysia mengemas 68 medali emas, 52 perak, dan 96 perunggu.

    "Pada edisi di Thailand, ada 43 cabang olahraga dan 475 nomor pertandingan. Malaysia bisa merebut 68 medali emas," kata Kok Chi, dinukil dari New Strait Times.

    Adapun, SEA Games 2019 Manila, Filipina, akan menghelat 56 cabor yang terbagi ke dalam 532 pertandingan. Menurut Kok Chi, target tidak tetap dari Dewan Olahraga Nasional (NSC) Malaysia adalah 76 medali emas. "Target ini akan sulit. Tapi, bukan tidak mungkin untuk Malaysia," tutur Kok Chi.

    Menurut New Strait Times, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, bakal mengumumkan target kontingennya pada 21 November 2019 saat upacara penyerahan bendera. Sebanyak 779 atlet akan berlaga pada 52 cabor di SEA Games 2019.

    Video

    2 dari 2 halaman

    Target Indonesia Hanya 45 Medali Emas

    Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, menyesuaikan target perolehan medali emas di SEA Games 2019 di Filipina. Pemerintah hanya mematok target kontingen Merah Putih meraih 45 medali emas, dari target awal 51 emas.

    "Maka setelah saya pastikan pada CdM tadi, kira-kira kita bisa sekitar 45 emas, lebih besar dibanding perolehan kita pada di SEA Games Kuala Lumpur, yakni 38 emas, di mana kita berada di peringkat lima," ungkap Zainudin dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Kamis, 14 September 2019.

    Penurunan target perolehan medali emas SEA Games 2019, kata Zainudin, setelah menghitung margin of error. Ia pesimistis menembus target awal di atas 50 medali emas karena tidak bertanding di Indonesia.

    "Hal-hal non-teknis yang tidak kita duga, kita tidak perkirakan sebelumnya bisa saja muncul di lapangan nanti," ungkap menteri yang juga politisi Partai Golkar tersebut.

    Menpora Zainudin Amali memastikan kontingen Indonesia yang akan berlaga di SEA Games Filipina 2019 bakal berjuang memperbaiki peringkat lebih baik dari hasil di SEA Games Malaysia 2017. Bahkan ia akan menyiapkan bonus total sebesar Rp8 miliar.

    Seperti diketahui total skuat Merah-Putih untuk SEA Games Filipina sebanyak 1.297 orang, di mana 837 orang di antaranya adalah atlet yang akan bertanding dengan komposisi 60% atlet junior dan 40% atlet senior.

    "Kita mengirimkan 837 atlet untuk mengikuti 51 cabang olahraga dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan," ujar Menpora.

    Video Populer

    Foto Populer