Sukses


5 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Mangga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Buah ini bisa dikonsumsi ketika saat matang maupun mentah. Buah mangga terkenal kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Namun tak hanya daging buahnya, daun mangga juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan, tak sedikit orang yang memetik manfaat daun mangga untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk asma.

Jika ingin memelihara kesehatan dan membuat tubuh terhindar dari penyakit, Anda perlu merebus daun mangga sebagai ramuan alami. Caranya, Anda bisa memetik 5-8 lembar daun mangga dan direbus dengan tiga gelas air.

Setelah itu, diamkan sampai mendidih hingga air tersisa hanya satu gelas. Kemudian air rebusan daun mangga bisa diminum dalam keadaan hangat kuku.

Sayangnya masih banyak orang yang kerap menganggap sepele daunnya dan hanya suka mengonsumsi buahnya. Padahal daun mangga menyimpan ragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh.

Menurut The Benefits, daun mangga mengandung banyak senyawa kimia bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, yang paling penting sebagai obat diabetes. Senyawa flavonoid dalam daun mangga berperan sebagai antioksidan, steroid sebagai suplai hormon, asam galat sebagai sifat antijamur dan antivirus, dan tanin sebagai obat diare.

Berikut Bola.com merangkum berbagai manfaat daun mangga untuk kesehatan dan kecantikan yang kerap terabaikan, seperti dilansir dari The Benefits, Kamis (12/12/2019).

 

2 dari 6 halaman

1. Membantu Mengobati Diabetes

Daun mangga mengandung senyawa tanin dan antosianin. Kandungan tersebut berkhasiat untuk mengobati diabetes atau kadar gula darah yang terlampau tinggi. Menurut penelitian di negara bagian Eropa, daun mangga dapat mengontrol kadar glikemik atau masalah pembuluh darah yang berkaitan dengan diabetes.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa teh daun mangga mampu mencegah diabetes dan menjaga kesehatan pembuluh darah di dalam dan sekitar pankreas. Caranya, Anda bisa merebus 3-4 lembar daun mangga yang telah dicuci, biarkan selama satu malam. Air rebusan tersebut boleh diminum pada keesokan harinya sebelum sarapan.

 

3 dari 6 halaman

2. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Sebagian besar orang ingin memiliki gigi yang bersih. Anda sebenarnya bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggunakan air rebusan daun mangga sebagai obat kumur.

Ramuan ini dapat mencegah gigi berlubang, infeksi bakteri, bau mulut, dan lain sebagainya. Daun mangga mengandung tanin yang dapat meningkatkan kesehatan gigi.

 

4 dari 6 halaman

3. Membantu Mengobati Asma

Bagi Anda yang mengidap asma, bronkitis, atau penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, minum rebusan daun magga sangat berguna untuk mengobati masalah tersebut. Ramuan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kecanduan merokok.

Caranya, rebus 5-7 lembar daun mangga sampai mendidih, lalu minum ramuan ini secara teratur. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi membuang sisa metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Secara sistematis, seseorang akan membuang cairan yang terdapat racun dari dalam tubuh setiap hari melalui urine.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka sisa metabolisme tubuh tidak akan dilepaskan dan menyebabkan racun menumpuk, serta mengakibatkan terkena penyakit gagal ginjal. Sebagai solusinya, Anda perlu mengonsumsi rebusan daun mangga yang dapat menghancurkan kristal mineral, sehingga terhindar dari batu ginjal.

 

6 dari 6 halaman

5. Membantu Hilangkan Jerawat

Jerawat di wajah kerap mengurangi rasa percaya diri, khususnya bagi para wanita. Ketika timbul jerawat, banyak orang mencari cara untuk menghilangkannya.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya dengan menggunakan daun mangga. Tentu cara ini alami dan lebih aman dibandingkan dengan krim berbahan kimiawi. Caranya Anda hanya perlu menghaluskan daun mangga, kemudian oleskan pada wajah yang terdapat jerawat. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

Sumber: The Benefits

Video Populer

Foto Populer