Sukses


7 Manfaat Virgin Coconut Oil bagi Kesehatan, Tak Hanya Sebagai Bahan Masakan

Bola.com, Jakarta - VCO (virgin coconut oil) terbuat daging kelapa segar yang diektraksi. Bahan alami yang berasal dari daging kelapa ini sudah digunakan sejak ribuan tahun sebagai obat dan bermnafaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Tak hanya digunakan sebagai keperluan memasak, VCO juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Beragam manfaat yang diberikan dari virgin coconut oil.

Virgin coconut oil bukan minyak olahan yang menggunakan bahan kimia. Virgin coconut oil dihasilkan dari ekstraks kelapa yang masih segar mengandung asam lemak baik (fatty acid) yang bermanfaat bagi tubuh.

Senyawa seperti phelnolic yang bermanfaat sebagai antioksidan. Asam laurat, kaprilat, dan kaprat menjadi penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat.

Dilansir dari laman AloDokter, manfaat yang diberikan minyak kelapa ini belum terbukti 100 persen walau populer di masyarakat Indonesia. Virgin coconut oil diklaiam menjadi salah satu makanan yang paling sehat di dunia.

Virgin coconut oil kaya zat besi, vitamin K, dan terdapat mikronutrien yang tak sebanyak dua kandungan sebelumnya. Kualitas virgin coconut oil jauh lebih baik ketimbang minyak kelapa biasa.

Proses pembuatannya bisa dilakukan sendiri dengan memanaskan santan kelapa. Virgin coconut oil memiliki sifat pelembab dan antioksidan yang baik.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan tubuh Anda, Kamis (27/02/2020).

2 dari 8 halaman

1. Mencegah Diabetes dan Jantung

Pada kasus diabetes tipe 2, virgin coconut oil dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin, serta kandungan glukosa dalam tubuh.

Selain mencegah diabetes, virgin coconut oil bermanfaat membantu menjaga kesehatan jantung yang kaya akan asam laurat. VCO dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, tetapi juga membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL).

Studi pada penderita penyakit jantung koroner ditemukan bahwa mengonsumsi virgin coconut oil dan hasilnya meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). VCO juga menjaga kadar trigliserida diiringi dengan diet sehat dan rutin berolahraga.

3 dari 8 halaman

2. Antioksidan yang Baik

Polifenol yang terkandung dalam virgin coconut oil berfungsi sebagai antioksidan. Mencegah terjadinya aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah pengerasan dinding pembuluh darah akibat menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah. Penumpukan ini menyebabkan risiko penyakit jantung.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, alangkah baiknya sebelum mengonsumsi berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

4 dari 8 halaman

3. Mengobati Timbulnya Jerawat

Virgin coconut oil menjadi salah satu pilihan alternatif dalam mengatasi jerawat. Tak melulu harus menggunakan bahan kimia untuk pengobatan.

Kandungan asam laurat dalam virgin coconut oil diduga efektif mengurangi peradangan dan melawan bakteri. VCO juga bisa digunakan sebagai pelembab kulit agar kulit Anda tampak lebih sehat karena kandungan caprylic dan lauric.

5 dari 8 halaman

4. Membuat Rambut Lebih Sehat

Virgin coconut oil mampu mengatasi ketombe pada rambut. Penggunaan virgin coconut oil dapat diterapkan layaknya sampo atau produk perawatan rambut lainnya.

Virgin coconut oil juga dapat membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak.

6 dari 8 halaman

5. Menurunkan Berat Badan

Banyak cara untuk menurunkan berat badan Anda. Salah satunya mengonsumsi virgin coconut oil.

Manfaat yang diberikan mampu menahan nafsu makan karena membuat kesan kenyang lebih lama, serta meningkatkan pembentukan energi dengan cara membakar kalori lebih banyak.

Dalam Journal of Toxicology and Environmental Health membuktikan bahwa satu injeksi asam kaprat menghasilkan penurunan awal yang cepat, kemudian secara berangsur asupan makanan dan berat badan berkurang.

7 dari 8 halaman

6. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih dan Kanker

Mampu menyembuhkan infeksi salurang kemih, kandungan chain fatty acid pada virgin coconut oil bekerja sebagai antibiotik alami dengan menggangu lapisan lipid pada bakteri dan membubuh mereka. Virgin coconut oil juga dapat membantu melawan kanker.

Sel kanker tidak dapat mengakses energi di keton dan tergantung pada glukosa. Komponen pada makanan ketogenik memungkinkan membantu pemulihan penderita kanker.

Dalam studi, virgin coconut oil dapat mencegah kanker berkembang, membunuh bakteri helicobacter pylori yang dapat menigkatkan risiko kanker.

8 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asam laurat diketahui bisa mengurangi jamur, melawan bakteri, dan virus. Kandungan ini akan berubah menjadi monolaurin ketika dicerna tubuh Anda.

Dengan manfaat mampu untuk mencegah infeksi dari berbagai bakteri, virus dan jamur, virgin coconut oil baik digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Video Populer

Foto Populer