Sukses


Tips Praktis Membentengi Diri Sendiri dan Orang Terdekat dari Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Virus Corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 (coronavirus disease 2019) menjadi perhatian masyarakat. Hal itu disebabkan penyebaran COVID-19 yang relatif mudah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menyematkan wabah COVID-19 ini sebagai pandemi, mengingat penyebarannya sudah global.

Menukil dari situs WHO, per Rabu (25/3/2020), ada 416.686 jiwa dinyatakan positif dan 18.589 orang meninggal dunia dari lebih 190 negara.

Sementara di Indonesia, per Rabu (25/3/2020), sudah 790 orang dikonfirmasi terinfeksi virus yang diduga berasal dari Wuhan, China itu.

Kendati demikian, masyarakat diminta tetap tenang dan jangan terlalu panik terkait kondisi tersebut.

Namun, Pemerintah Indonesia meminta partisipasi aktif masyarakat untuk membantu menghentikan penyebaran virus Corona COVID-19, sekalipun dengan melakukan hal-hal sederhana.

Apalagi saat ini bisa dikatakan belum ada vaksin puntuk mencegah terkena COVID-19. Itulah mengapa, berbagai cara pencegahan dapat dilakukan untuk membentengi diri sendiri dan orang terdekat dari penyakit COVID-19.

Apa saja cara-caranya? Berikut Bola.com merangkumnya dari cgv.gov, tips sederhana melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus Corona COVID-19.

2 dari 2 halaman

Tips Sederhana Terhindar dari Virus Corona

1. Sering Mencuci Tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pencuci tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Hal tersebut sangat penting dilakukan, terutama setelah bepergian dari tempat umum. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

2. Jaga Jarak atau Physical Distancing

Physical distancing menjadi satu di antara imbauan pemerintah, mengacu instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk memerangi penyebaran virus Corona. Yap, hindari kontak dengan orang, terutama yang sedang sakit.

Hal tersebut sangat penting terutama bagi orang-orang yang rentan terkena penyakit. Physical distancing bisa dilakukan dengan tetap tinggal di rumah atau tidak mendatangi kerumunan.

3. Tidak Bepergian saat Sakit

Upaya yang bisa dilakukan untuk melindungi orang lain ialah tidak bepergian saat sakit alias tetap di rumah. Kecuali jika memerlukan perawatan medis dan perlu ke rumah sakit.

Dengan begitu, Anda paling tidak telah berupaya menjaga orang sekitar tetap sehat.

4. Jangan Lupa Tutup Mulut saat Batuk dan Bersin

Jika sering mengalami batuk atau bersin, jangan lupa menutup hidung dan mulut. Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa menutupnya dengan bagian siku atau menggunakan tisu.

Setelah itu, jangan lupa mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun atau cairan pencuci tangan dengan kadar alkohol minimal 60 persen.

5. Gunakan Masker saat Sakit

Saat sakit, jangan lupa memakai masker. Terutama ketika berada di dekat orang banyak, seperti di kendaraan umum atau tempat yang berisi kerumunan.

Apabila Anda tidak menggunakan masker, paling tidak harus menjaga jarak dan menutup mulut serta hidup saat bersin atau batuk.

Tidak perlu memakai masker jika Anda tidak dalam keadaaan sakit. Kecuali Anda sedang merawat orang yang sakit. Terbatasnya masker menjadi satu di antara alasan mengapa tak perlu memakai dan diperuntukkan bagi perawat.

6. Jaga Kebersihan dengan Melakukan Disinfeksi

Terakhir, rajin-rajinlah membersihkan benda-benda yang sering Anda sentuh. Benda-benda tersebut, seperti handphone, meja, gagang pintu, sakelar lampu, keyboard, keran, hingga bak kamar mandi.

Kemudian jangan lupa memakai sabun atau deterjen dan air bersih atau disinfektan.

 

Sumber: CDC

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

5 Selebritis Wanita yang pernah Menjadi Atlet di Bangku Sekolah

Video Populer

Foto Populer