Sukses


Reaksi Jonatan Christie soal Penundaan Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Jakarta - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menanggapi positif keputusan penundaan Olimpiade Tokyo 2020 karena pandemi virus corona. Menurut Jonatan, perjuangan melawan wabah virus corona harus diutamakan terlebih dahulu. 

Olimpiade Tokyo 2020 seharusnya digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus. Namun, panitia Tokyo 2020 dan Komite Olimpiade Internasional memutuskan memundurkan jadwal olimpiade menjadi tahun depan. 

Alhasil, persiapan para atlet untuk menghadapi Olimpiade makin panjang. Begitu juga sistem kualifikasi harus disesuaikan dengan penundaan tersebut. 

"Ditunda itu kan untuk kebaikan dan kesehatan semua manusia. Olimpiade bukan hal yang harus dilakukan saat ini juga karena sekarang yang lebih urgent itu adalah menghentikan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin banyak korban," kata Jonatan Christie, melalui rilis dari PBSI, Jumat (27/3/2020). 

"Persiapan kami dan pemain dari semua negara pasti terganggu selama Corona masih mewabah, jadi menurut saya memang sebaiknya diundur," kata pemain rangking tujuh dunia tersebut.

Selain Olimpiade 2020, beberapa turnamen BWF World Tour juga ditangguhkan. Begitu pula dengan Piala Thomas dan Uber 2020 yang mundur tiga bulan dari jadwal semula pada Mei. 

Jonatan berusaha menjaga kondisi tubuhnya meskipun ia tengah memasuki masa-masa tanpa turnamen. Para pebulutangkis tidak akan mengikuti turnamen apapun hingga Mei 2020. PP PBSI juga telah mengajukan penundaan turnamen Indonesia Open 2020, dari Juni menjadi September 2020.

Dengan rutinitas turnamen yang biasanya cukup padat, Jonatan harus menyiasati perubahan pola latihan dan istirahatnya.

"Harus tetap jaga badan, kalau saya sih tetap rutin jogging dan kadang saya latihan ringan juga, tapi tetap menyesuaikan dengan kondisi sekarang," ujar Jonatan Christie.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Menurunkan Berat Badan

Jonatan Cs mengikuti turnamen terakhir di All England 2020 di Birmingham, Inggris. Hingga saat ini Jonatan masih mengikuti isolasi mandiri sebagai salah satu prosedur yang harus dilakukan mereka yang baru kembali dari luar negeri.

"Ya mungkin ini jadi salah satu pelajaran buat kita semua, bukan cuma dunia olahraga tapi semua, supaya berhenti sejenak dari kesibukan kita sehari-hari dan beristirahat serta merenung, apa aja hal positif yang bisa kita ambil dari kejadian ini," ujarnya.

Bicara soal menjaga kondisi tubuhnya, Jonatan yang kini tampak lebih ramping mengatakan  tengah dalam proses pengaturan berat badan untuk mendapat proporsi tubuh ideal yang lebih menunjang performanya di lapangan.

"Memang mau tes menurunkan berat badan, awalnya ini jadi percobaan sebelum ke olimpiade nanti. Jadi kalau memang beratnya turun dan tidak lemas, saya akan tetap di berat badan ini saat olimpiade," ungkap Jonatan Christie. 

Video Populer

Foto Populer