Sukses


KSP Bagikan Masker dan Galakkan 10 Langkah Physical Distancing dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Kantor Staf Presiden (KSP) sudah mendistribusikan lebih dari sejuta masker dalam menghadapi pandemi virus corona. Masker tersebut dibagikan ke sejumlah rumah sakit, beberapa ormas dan organisasi wartawan di Indonesia.

Setengah dari jumlah tersebut diserahkan kepada Gugus Tugas Penanganan Wabah COVID-19 di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bahkan dalam pekan ini, KSP akan menerima kiriman 100 ribu masker, 2.000 Alat perlindungan Diri dan 2.000 kacamata medis.

"Kita akan segera salurkan semua ke BNPB," kata Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko dalam siaran pers yang diterima Bola.com, Sabtu (28/3/2020).

KSP mendapatkan bantuan ini dari sejumlah perusahaan maupun individu. Saat ini pemerintah terus mempersiapkan diri dalam mengantisipasi situasi terburuk yang mungkin terjadi terkait pandemi virus corona.

Melansir dari WHO, per Sabtu (28/3/2020) virus corona di Indonesia telah menjangkit 1,046 dan 87 orang di antaranya meninggal dunia. Pemerintah Indonesia pun giat memberikan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan physical distancing.

Video

2 dari 2 halaman

Pendoman Physical Distancing

Dari Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia, pembatasan interaksi fisik (physical contact/physical distancing), sebagai berikut:

1. Tidak berdekatan atau berkumpul di keramaian atau tempat-tempat umum, jika terpaksa berada di tempat umum gunakanlah masker.

2. Tidak menyelenggarakan kegiatan/pertemuan yang melibatkan banyak peserta (mass gathering).

3. Hindari melakukan perjalanan baik ke luar kota atau luar negeri.

4. Hindari bepergian ke tempat-tempat wisata.

5. Mengurangi berkunjung ke rumah kerabat/teman/saudara dan mengurangi menerima kunjungan/tamu.

6. Mengurangi frekuensi belanja dan pergi berbelanja. Saat benar-benar butuh, usahakan bukan pada jam ramai.

7. Menerapkan Work From Home (WFH)

8. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter (saat mengantre, duduk di bus/kereta).

9. Untuk sementara waktu, anak sebaiknya bermain sendiri di rumah.

10. Untuk sementara waktu dapat melaksanakan ibadah di rumah.

Sumber: Siaran Pers KSP

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer