Sukses


Cara Efektif Menghilangkan Kecemasan karena Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Ahli menyarankan masyarakat tetap tenang meski sedang berada di tengah pandemi virus Corona. Selagi berjuang untuk mencegah penyebaran, warga harus tetap berpikir positif menjadi penting di situasi seperti ini.

"Yang penting kita mesti berpikir positif, bersikap positif, bertindak positif," kata Ketua Aliansi Telemedis Indonesia dokter Pumawan di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, dalam konferensi pers daringnya pada Minggu (29/3/2020).

Emeldah, psikolog yang tergabung dari Ikatan Psikologi Klinis menambahkan, bahwa perasaan cemas dan gelisah yang muncul di saat COVID-19 adalah sesuatu yang wajar.

"Semua gejala-gejala itu, menurut kami adalah situasi yang normal. Jadi itu adalah respon yang normal di kondisi yang tidak normal," kata Emeldah dalam kesempatan yang sama.

Menurutnya, ini muncul karena adanya ketidakpastian dan ketakutan sehingga menimbulkan kecemasan tersendiri.

Pumawan mengatakan, perasaan seperti ini dengan sendirinya bisa menurunkan sistem imun. Ini penting untuk tetap berpikir positif serta tetap menjalankan kegiatan di rumah yang aktif dan produktif.

"Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Saya misalnya menanam pohon, menanam tanaman di pekarangan. Orang bisa mengambil kesempatan untuk usaha online," katanya.

Selain tetap tenang, masyarakat juga harus menjaga kebersihan, makan makanan bergizi, olahraga, dan mematuhi anjuran pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus Corona.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Membersihkan Rumah dan Olahraga

Anda juga bisa membersihkan rumah yang seringkali ditinggal karena bekerja atau melakukan olahraga yang bisa dilakukan di rumah paling tidak 30 menit sehari.

"Yang penting juga berjemur. Usahakan matahari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Cukup 15 menit. Bukan untuk mematikan virus tapi untuk meningkatkan daya tahan tubuh," kata Pumawan.

 

Sumber: BNPB

Disadur dari: Liputan6.com (Giovani Dio Prasasti/Dyah Puspita Wisnuwardani, published 29/3/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer