Sukses


Tips Agar Tetap Sehat di Rumah Selama Pandemi Corona

Bola.com, Jakarta - Masa karantina atau isolasi mandiri di rumah memang dilematis. Di satu sisi, ini sangat ampuh memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19, namun di sisi lain bisa menyebabkan penurunan fungsi motorik karena minimnya aktivitas fisik.

Seperti diketahui, banyak negara memberlakukan physical distancing kepada warganya. Orang-orang diharapkan tidak melakukan kontak fisik satu sama lain karena sangat menjadi carrier atau pembawa virus corona.

Imbasnya, orang-orang harus bekerja dari rumah (work from home) karena pemerintah setempat juga memberlakukan lockdown atau karantina wilayah. Untuk beberapa hari, mungkin hal ini bisa diatasi, namun buat sebagian orang, berdiam diri atau melakukan rutinitas pekerjaan dari rumah memaksa aktivitas menjadi terbatas.

Ini bisa berakibat tidak baik mengingat minimnya aktivitas fisik bisa membuat badan menjadi kurang sehat. Padahal, ada banyak aktivitas di rumah yang bisa dilakukan, mulai dari berolahraga sampai bercocok tanam.

Berikut ini Bola.com merangkum beberapa tips agar bisa tetap sehat selama masa isolasi diri di rumah.

2 dari 5 halaman

Menyaring Pemberitaan Seputar Corona dengan Cek Fakta

Sehat tak cuma perkara fisik, tapi juga mental dan pikiran. Pandemi virus corona membuat banyak pemberitaan di televisi, surat kabar, mau pun media daring lebih sering menampilkan informasi mengenai hal tersebut. Agar tak termakan berita yang belum tentu benar, alangkah baiknya tetap berpikiran dan bertindak positif.

"Jadi kita mesti berpikir positif dan bertindak positif. Memang banyak hoaks, tapi ikuti seluruh peraturan pemerintah," kata Pumawan, Ketua Aliansi Telemedik Indonesia saat siaran teleconference di BNPB, Jakarta Pusat, Minggu (29/3/2020) dilansir dari Merdeka.com.

Mengenai hal itu, cobalah menyaring pemberitaan dengan hanya melahap berita-berita positif saja. Misalnya, alih-alih membaca berita kematian akibat virus corona, akan lebih baik jika mencari tahu berapa pasien yang sembuh.

3 dari 5 halaman

Lakukan Hal Produktif

Berdiam diri di rumah tidak berarti tidak melakukan apa-apa. Banyak kegiatan yang bisa menyegarkan badan dan pikiran.

Pumawan menambahkan, para lansia bisa melakukan banyak hal yang produktif. Misalnya, kata dia, yaitu bercocok tanam, membuat masker, hingga olahraga. Cara produktif tersebut bisa membuat imunitas meningkat.

"Membersihkan rumah, olahraga di rumah. Saya melakukan yoga, pilates, dan plank sepanjang 30 menit dan berjemur. Berjemur bukan yang pagi jam 10, itu bukan mematikan virus tapi menambahkan imunitas," ungkap Pumawan.

4 dari 5 halaman

Belanja Online

Tentu ada kebutuhan yang mesti dipenuhi selama masa isolasi diri, yakni perihal kebutuhan dapur, tagihan pulsa, listrik, dan sebagainya. Sebisa mungkin, segala bentuk transaksi tunai agar tidak dilakukan, dan pilihlah opsi online shopping.

"Belanja online agar tidak terinfeksi. Kedua uang cash, kalau saya uangnya disimpan pakai plastik," kata Pumawan lagi.

Sumber: Merdeka (Intan Umbari Prihatin, published 29/3/2020)

5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer