Sukses


Sudah Memutuskan Pensiun, Tontowi Ahmad Masih Sering Terbayang Atmosfer Pertandingan

Bola.com, Jakarta - Tontowi Ahmad baru sepekan memutuskan pensiun sebagai pebulutangkis nasional. Hal itulah yang membuat dirinya masih sering merasakan dan membayangkan panasnya atmofer pertandingan.

Rencana Tontowi untuk pensiun sebenarnya sudah merebak sejak awal 2020. Namun, hal itu benar-benar terlaksana pada 18 Mei 2020.

Pria yang akrab disapa Owi itu memilih pensiun karena sudah tidak memiliki motivasi sebesar dulu dan merasa sudah cukup secara prestasi. Selain itu, faktor keluarga yang mendukung keputusan pensiun Tontowi Ahmad.

Meski demikian, Tontowi tidak menampik nama besarnya terkerek karena bulutangkis. Wajar bila Tontowi masih belum bisa melupakan masa-masa indah sebagai atlet andalan Indonesia.

"Suasana pertandingan kadang masih terbayang ketika mau tidur. Tiba-tiba terbawa suasana seperti dalam pertandingan," kata Tontowi Ahmad dalam acara Silaturahome Liputan6, Selasa (26/5/2020).

"Suasananya seperti tempat latihan sebelum bertandingan. Bahkan, ketegangan ketika bermain membuat kadang suka keluar keringat juga. Mungkin kepikirannya itu saja. Kalau latihan tidak, justru malah lebih lega karena sudah tidak ada latihan. Kalau dulu dikejar-kejar latihan," ucap Tontowi Ahmad.

Tontowi Ahmad bisa dikatakan sebagai atlet ganda campuran paling sukses di Indonesia, tentunya saat berpasangan dengan Liliyana Natsir. Itu dibuktikan dengan deretan prestasi yang pernah diraihnya.

Semasa aktif bermain, Tontowi Ahmad berhasil menyabet 16 gelar juara BWF series, 10 gelar juara BWF Grand Prix, emas Olimpiade 2016, emas kejuaraan bulutangkis Asia 2015, emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 dan 2017, emas ganda campuran SEA Games 2011, dan emas beregu putra SEA Games 2011.

2 dari 3 halaman

Fokus untuk Keluarga

Tontowi Ahmad mengaku belum memikirkan hal-hal yang akan dilakukannya setelah pensiun dari bulutangkis. Pria berusia 32 tahun itu ingin fokus untuk keluarga demi menebus kebersamaan yang sukar didapat ketika masih aktif bermain.

"Untuk rencana berbisnis memang sudah ada. Namun, untuk saat ini saya masih fokus dengan keluarga. Apalagi keluarga merupakan satu alasan saya untuk pensiun dan ingin fokus menikmati masa-masa bersama keluarga," ucap Tontowi Ahmad.

Saat ini, Tontowi Ahmad masih menikmati masa-masa awal pensiun. Pria asal Banyumas itu lebih menghabiskan waktu bersama istri dan kedua anaknya di rumah selama pandemi virus corona melanda Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer