Sukses


Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Bopeng beserta Cara Pemakaiannya

Bola.com, Jakarta - Lidah buaya adalah tanaman obat yang cocok digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan selama ribuan tahun. Tanaman ini aman digunakan secara langsung.

Jika tak ingin repot mengolah, Anda juga dapat membelinya dalam bentuk gel, krim atau salep. Produk-produk ini dapat dioleskan untuk mengobati berbagai kondisi kulit.

Satu di antara manfaat lidah buaya adalah menghilangkan bopeng-bopeng pada wajah. Bopeng merupakan bekas luka yang biasanya di sebabkan karena jerawat. Bekas jenis ini paling meresahkan karena mengubah tekstur pada wajah sehingga mengganggu penampilan.

Menurut Healthline, bekas jerawat bopeng termasuk kategori Atrophic Scar. Hal itu terjadi karena kekurangan kolagen pada proses penyembuhan.

Bopeng dapat dibedakan menjadi tiga berdasarkan bentuknya. Ice Pick, adalah scar berbentuk V yang sempit dan dalam. Biasanya terlihat seperti lubang kecil berbentuk bulat atau oval di atas permukaan kulit.

Rolling, tipe ini memiliki bentuk yang melebar, tetapi tidak terlalu dalam. Boxcar, bekas luka lebar dengan bentuk U dan memiliki tepi yang tajam.

Berikut ini hasil rangkuman manfaat lidah buaya bagi wajah bopeng beserta cara pemakaiannya, dikutip dari Diadona, Selasa (4/8/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya

  • Mencerahkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit. Pada wajah, kerap mengalami kondisi munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja, terlalu banyak terpapar sinar matahari, stres, genetika, atau kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu.

Kulit yang terbakar oleh matahari bisa diobati dengan lidah buaya secara alami. Anda bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah.

Lidah buaya untuk wajah juga bisa bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih.

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang lain, yakni berfungsi untuk menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang, dan lebih cerah.

Bagi Anda yang sedang hamil, bintik atau bercak hitam adalah sesuatu yang umum dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memanfaatkan gel lidah buaya ini untuk menyamarkannya.

  • Melembapkan kulit

Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit wajah cenderung kering, pasti kerap kesulitan mendapatkan kondisi kulit yang lembap. Nah, lidah buaya dipercaya dapat membantu melembapkan tanpa membuat kulit berminyak.

Itulah mengapa, buat Anda yang memiliki kondisi kulit wajah cenderung kering, bisa memanfaatkan tanaman ini untuk pelembapnya.

3 dari 3 halaman

Cara Pemakaian Lidah Buaya pada Wajah Bopeng

  • Masker lidah buaya campur madu dan kunyit

1. Ambil gel lidah buaya segar dan tambahkan sedikit kunyit, madu, dan beberapa tetes air mawar.

2. Aduk semua bahan tersebut sampai merata dan kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit secara merata.

3. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas wajah sampai bersih.

4. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  • Masker lidah buaya murni

1. Siapkan lidah buaya dan cuci hingga benar-benar bersih.

2. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening.

3. Oleskan daging lidah buaya tersebut secara merata di seluruh permukaan kulit.

4. Tunggu beberapa menit agar gel lidah buaya bisa meresap ke kulit.

5. Cuci wajah sampai bersih.

6. Ulangi cara tersebut paling tidak dua kali dalam seminggu sebelum tidur.

 

Sumber: Diadora, Healthline

Kalimat Haru Khabib Nurmagomedov Saat Putuskan Pensiun dari UFC

Video Populer

Foto Populer