Sukses


9 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Minyak zaitun atau olive oil kerap dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki banyak manfaat. Minyak ini sering digunakan sebagai alternatif minyak memasak yang lebih sehat.

Namun demikian, minyak satu ini lebih populer sebagai bagian perawatan kecantikan. Minyak zaitun sebenarnya adalah ekstrak buah olea europaea (buah zaitun), yang pohonnya mudah ditemukan di daerah Mediterania atau Laut Tengah.

Bukan rahasia umum lagi satu di antara manfaat minyak zaitun adalah untuk kecantikan. Bahkan, ratu Cleopatra dari Mesir saja diketahui rutin memakai minyak zaitun semasa hidupnya.

Tidak heran jika dirinya disebut sebagai perempuan dengan kecantikannya abadi. Namun tidak hanya untuk kecantikan, minyak zaitun mempunyai banyak manfaat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Dari segi medis, minyak zaitun berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Minyak zaitun mengandung banyak senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain vitamin E, K, omega 9, omega 6, omega 3, lemak jenuh, phenolic, dan zat besi.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Senyawa inilah yang memberikan perlindungan pada sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Berikut manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi minyak zaitun, dirangkum dari Klikdokter dan Hellosehat, Rabu (5/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Minyak zaitun kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun sehat digunakan untuk memasak dan sebagai dressing salad.

Minyak zaitun berkhasiat menjaga kesehatan dan mencegah penyakit jantung. Penelitian menunjukkan penyakit jantung jarang terjadi di negara-negara sekitar kawasan Mediterania karena masyarakatnya kerap menggunakan minyak zaitun.

Dengan mengonsumsi empat sendok makan minyak zaitun setiap hari, dipercaya bisa mencegah terjadi serangan jantung.

2. Mengatasi kulit kering

Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion dengan mengaplikasikannya pada seluruh badan. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, Anda akan terbebas dari kulit kering.

Selain itu, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang berguna melindungi tubuh terhadap serangan radikal bebas. Bahkan minyak zaitun juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

3. Menghilangkan bekas jerawat

Kesal dengan jerawat yang selalu muncul di wajah? Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi masalahmu dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat mengobati bekas jerawat.

Oleskan minyak zaitun ke area kulit, kemudian gunakan jari untuk memijat kulit untuk membantu penyerapan yang lebih baik. Terapkan ke kulit sekitar 5-10 menit, jangan meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

4. Menekan risiko penyakit Alzheimer

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer. Hal ini karena minyak zaitun mengurangi produksi amyloid plaque dan phosporylated, dua protein jahat penyebab utama terjadinya kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab atas penyimpanan memori dan fungsi mental tubuh.

Penyebab dari penyakit Alzheimer adalah adanya penumpukan plak beta amiloid di dalam sel otak manusia. Penyakit Alzheimers umumnya diderita oleh para orang lanjut usia.

5. Mencegah penyakit kanker

Mnyak zaitun memiliki sifat antikanker yang tinggi. Hal ini dapat memerangi penyebab penyakit kanker, terutama penyakit kanker payudara dan kanker kulit.

Banyak peneliti menyatakan minyak zaitun dapat mencegah kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yang merupakan pemicu utama kanker. Selain itu, berkat sifat antikanker, minyak zaitun juga dapat melawan sel kanker.

6. Menjaga kesehatan rambut

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Mancampurkan minyak zaitun dan bahan lain, seperti madu dan kuning telur, dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

7. Mencegah risiko depresi

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Las Palmas de Gran Canaria di Spanyol, minyak zaitun tampaknya berpotensi untuk mencegah dan mengurangi risiko depresi. Minyak zaitun dapat melindungi dan memberikan efek tenang pada sistem saraf.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsi minyak zaitun saat sarapan di pagi hari atau sebelum melakukan kegiatan di luar rumah.

8. Mencegah penunaan

Minyak zaitun dipercaya dapat membantu mencegah penuaan berkat kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab penuaan dini.

Kamu dapat mengombinasikan minyak zaitun dengan perawatan lainnya untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih maksimal.

9. Menjaga kesehatan tulang

Dalam menjaga kesehatan tulang, kamu bisa mengonsumsi bahan alami seperti minyak zaitun. Sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi minyak zaitun memiliki tingkat osteocalcin yang lebih tinggi.

Osteocalcin merupakan protein yang dikeluarkan oleh sel pembentuk tulang. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun diduga berperan dalam manfaat satu ini.

 

Sumber: Klikdokter, Hellosehat

Jelang Restart Shopee Liga 1 2020, Jangan Lewatkan Half Time Show Live Senin 28 September

Video Populer

Foto Populer