Sukses


5 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah, Mengatasi Jerawat dan Mata Panda

Bola.com, Jakarta - Kopi tak hanya menjadi bahan dasar minuman maupun makanan yang lezat. Terkini, minuman berbahan dasar kopi banyak digemari semua kalangan dan menjadi tren.

Makanan yang mengandung kopi juga tak kalah mendapat perhatian, banyak disukai.

Namun, kopi tak hanya lezat untuk disantap setelah dihidangkan menjadi minuman dan makanan. Kopi juga menjadi satu di antara tren di dunia kecantikan.

Produk kecantikan yang menggunakan kopi sebagai bahan, ikut menjadi tren. Anda bisa menjumpai berbagai produk kecantikan yang menggunakan bahan kopi, seperti krim, lotion, hingga masker.

Hal ini karena dalam kopi terkandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang memiliki manfaat bagus untuk kulit. Kopi juga mengandung senyawa flavonoid dan polifenol yang baik bagi tubuh.

Secara khusus, masker kopi memiliki beberapa khasiat seperti menyegarkan kulit, menghilangkan mata panda, dan masih banyak yang lain lagi.

Penasaran apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari pemakaian masker kopi? Yuk, disimak penjelasannya di bawah ini, manfaat masker kopi seperti dirsadur dari Liputan6, Kamis (6/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kopi

1. Menghilangkan mata panda

Masker kopi memiliki manfaat dapat menghilangkan mata panda. Manfaat masker kopi ini didapat karena adanya kandungan kafein yang dapat merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan aliran darah yang dapat membantu kulit mengencang secara alami. 

Hasilnya berupa pengurangan penumpukan cairan di bawah mata. Hal ini bekerja akibat adanya senyawa kopi lainnya, seperti asam klorogenik yang dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Untuk mendapatkan manfaat masker kopi ini, Anda bisa mengoleskan masker di sekitar mata.

Walau kafein tidak dapat menyembuhkan lingkaran hitam herediter, sifat anti-inflamasinya membuatnya bermanfaat untuk mengurangi bengkak dan peradangan yang terkait dengan lingkaran hitam. Kafein juga mengurangi penumpukan darah di bawah mata yang berkontribusi pada bayangan gelap.

2. Cocok untuk eksfoliasi wajah

Bubuk kopi dapat dijadikan sebagai bahan eksfoliasi kulit wajah. Butiran kopi yang tidak larut dalam air sangat cocok untuk menggosok sel kulit mati pada wajah.

Hasil penelitian pada 2013 menunjukkan zat dalam kopi dapat membantu mempromosikan kulit yang sehat.

Hal ini dikarenakan adanya asam caffeic, antioksidan yang dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel. Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit terhadap kuman.

3 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kopi

3. Meringankan jerawat

Manfaat masker kopi untuk wajah selanjutnya, yakni dapat meringankan kondisi jerawat. Hal ini dikarenakan adanya antioksidan, stimulant, dan asam klorogenat dalam kopi yang dapat menjadikannya sebagai scrub wajah yang efektif untuk melawan jerawat.

Jerawat terjadi ketika minyak, sel-sel kulit mati, dan zat-zat lain menyumbat pori-pori yang dapat terinfeksi oleh bakteri dan mengakibatkan peradangan.

Menggosok wajah dengan bubuk kopi dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap beberapa jenis bakteri.

4. Meredakan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari

Manfaat masker kopi untuk wajah lainnya, yaitu dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari. Manfaat masker kopi didapat karena adanya kandungan antioksidan seperti polifenol di dalamnya. Mengoleskan masker kopi ke wajah merupakan cara sederhana untuk mengantarkan antioksidan ke tubuh.

Sebuah studi dari 2015 menyimpulkan bahwa peserta dengan konsumsi polifenol tertinggi, dari kopi atau sumber lain, memiliki lebih sedikit bintik-bintik usia UV di wajah mereka. Pesertanya adalah wanita Jepang berusia 30-60 tahun.

Menggunakan kafein dalam produk perawatan kulit juga dapat mengurangi dan mencegah peradangan dan kemerahan serta memberi warna kulit yang indah dan merata.

4 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kopi

5. Mencegah penuaan dini

Radikal bebas merupakan satu di antara penyebab penuaan dini. Hal ini menyebabkan munculnya kerutan, garis-garis halus, dan hilangnya elastisitas kulit wajah. Namun, kandungan kafein daoat membantu mengatasinya.

Adanya antioksidan di dalam kafein inilah yang dapat menyerang radikal bebas dan menghilangkannya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat merasakan manfaat masker kopi untuk wajah.

Kandungan dalam kopi akan meningkatkan penampilan keseluruhan kulit. Tak heran, kopi banyak digunakan sebagai krim siang dan malam anti-penuaan dalam hubungan dengan retinol.

Kafein juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya berguna untuk mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutia Sari, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 29/1/2020)

Kejamnya Chelsea Era Roman Abramovich, Hanya Jose Mourinho yang Paling Lama Bertahan

Video Populer

Foto Populer