Sukses


7 Manfaat Terung Ungu bagi Kesehatan, Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Bola.com, Jakarta - Terung merupakan satu di antara buah yang kerap dijadikan sayur-sayuran. Satu di antara jenis terung adalah terung ungu.

Terung ungu sudah sangat lumrah diolah menjadi lauk untuk makan nasi. Namun, bagi sebagian orang belum pernah terpikirkan manfaat terong ungu bagi kesehatan.

Terung ungu menyimpan beragam manfaat menyehatkan berkat beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan tersebut ialaha kalori, serat, protein, karbohidrat, folat, kalium, mangan, vitamin K dan vitamin C.

Banyak penelitian yang menunjukkan terong ungu dapat menurunkan risiko berbagai kondisi kesehatan. Di balik teksturnya yang lembek saat dimasak, sayuran yang satu ini ternyata punya manfaat baik bagi kesehatan.

Bukan hanya itu, sejumlah penelitian meyakini terong ungu bisa menurunkan berat badan. Cocok bagi para wanita yang selama ini punya permasalahan pada bentuk tubuhnya.

Berikut bola.com merangkum manfaat terung ungu bagi kesehatan dikutip dari SehatQ, Minggu (30/8/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Terung Ungu

1. Membantu mengurangi risiko munculnya penyakit jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang ada di dalam terong ungu, dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini juga mengandung antocyanin, suatu komponen yang mampu menurunkan risiko kematian pada penderita penyakit jantung.

2. Mampu mengontrol kadar gula darah

Menambahkan terong ungu ke dalam menu harian Anda, dapat membantu kadar gula darah di tubuh jadi lebih terkontrol. Manfaat terong ungu ini didapatkan dari kandungan serat yang dimilikinya. Serat dapat menghambat pencernaan dan penyerapan gula di tubuh. Penyerapan yang lebih lambat, membuat kadar gula darah di tubuh menjadi semakin stabil.

3. Menurunkan berat badan

Kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, membuat terong ungu menjadi makanan yang ideal untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Anda juga bisa menggunakan terong sebagai pengganti bahan makanan lain yang lebih tinggi kalori.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Terung Ungu

4. Dipercaya dapat membantu mencegah kanker

Terong ungu mengandung polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Sementara itu, komponen lain dalam terong juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.Tidak mengherankan  salah satu manfaat tersembunyi dari terong ungu adalah mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.

5. Baik untuk menjaga kadar kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, mengonsumsi jus terong terbukti berhasil menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat terong ungu yang satu ini didapatkan dari kandungan asam klorogeniknya. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengonfirmasi manfaat ini.

6. Menjaga kesehatan hati

Terong ungu kaya akan kandungan antioksidan, terutama antocyanin. Kandungan antioksidan ini dipercaya dapat melindungi hati dari jenis racun tertentu penyebab penyakit.

7. Menjaga kesehatan otak

Komponen antioksidan di dalam terong ungu juga disebut memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.Selain itu, komponen ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar aliran darah ke otak.

 

Sumber: SehatQ

Yuk, baca-baca artikel kesehatan lainnya dengan mengunjungi tautan ini.

Video Populer

Foto Populer