Sukses


5 Manfaat Melimpah Paprika untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Anda tentu mengenal paprika bukan? Paprika yang masih satu keluarga dengan cabai ini memiliki beberapa kandungan yang sangat beranfaat bagi kesehatan.

Manfaat paprika yang paling terkenal adalah untuk membantu mengatasi berbagai kondisi jantung dan pembuluh darah, seperti arteri koroner, penyumbatan pembuluh darah, kolesterol tinggi, dan lain sebagainya.

Paprika tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran yang memiliki sedikit cita rasa pedas ini juga baik untuk menjaga dan merawat kecantikan.

Paprika kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalsium, seng, zat besi, potasium, magnesium, dan fosfor.

Semua kandungan ini berperan besar untuk menjaga keindahan kulit dan rambut. Anda bisa melakukan perawatan kecantikan alami menggunakan paprika tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Mau tahu apa manfaat paprika bagi kecantikan? Berikut beberapa manfaat paprika yang melimpah untuk kecantikan, dikutip dari Stylecraze, Rabu (21/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Paprika untuk Kecantikan

1. Mencegah rambut rontok

Paprika merupakan sumber vitamin B6 yang membantu mencegah rambut rontok. Paprika juga mengandung zat besi yang memfasilitasi peredaran oksigen ke folikel rambut.

Hal ini akan merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala. Paprika dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut hingga lebih dari 50 persen.

2. Menjaga warna rambut

Tak sekadar mencegah rambut rontok, kandungan vitamin B6 pada paprika berperan dalam produksi melanin, yaitu pigmen yang menentukan warna rambut. 

Namun, sebelum menggunakannya pada kulit kepala Anda, disarankan untuk melakukan uji klinis pada bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk menghindari reaksi alergi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Paprika untuk Kecantikan

3. Mencegah penuaan dini

Selain mengandung vitamin B6, paprika juga mengandung vitamin C. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Vitamin C pada paprika berperan membantu membentuk kolagen yang dibutuhkan kulit untuk mencegah kerutan dan penuaan dini.

Selain itu, antioksidan yang terkandung juga sangat baik untuk kesehatan kulit serta dapat meredakan pembengkakan kulit karena kandungan silikonnya yang tinggi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Paprika untuk Kecantikan

4. Menjadikan kulit bercahaya

Paprika mengandung vitamin, zat besi, dan beta-karoten, yang mencegah munculnya bintik-bintik dan bintik-bintik penuaan. Mengaplikasikan paprika sebagai masker wajah ditambahkan madu, dipercaya mampu meratakan warna serta mengurangi kusam pada kulit Anda.

Masker ini juga dapat mengatasi masalah pada kulit seperti noda dan komedo. Rutin mengaplikasikan masker wajah paprika ini diyakini menjadikan kulit Anda lembut dan bersinar.

Namun, disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sebab, tak semua orang memiliki kulit yang tahan dengan kandungan capsaicim.

5. Perawatan masalah kulit

Manfaat selanjutnya dari paprika untuk kecantikan, yakni berguna untuk pengobatan masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Paprika memiliki kandungan antibakteri yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri.

 

Sumber: Stylecraze

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Kejamnya Chelsea Era Roman Abramovich, Hanya Jose Mourinho yang Paling Lama Bertahan

Video Populer

Foto Populer