Sukses


Tips Aman Ambil Uang di ATM saat Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona COVID-19 membuat masyarakat diminta mengurangi aktivitas di luar rumah. Masyarakat juga diimbau untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah (WFH), belajar dan beribadah di rumah.

Masyarakat hanya dapat keluar rumah dengan alasan mendesak seperti belanja kebutuhan pokok dan mengambil uang di ATM atau bank untuk keperluan tertentu.

Anda perlu lebih berhati-hati saat mengambil uang di ATM atau bank dalam situasi pandemi virus corona COVID-19. Terlebih, penyerbaran virus ini belum usai.

Ada imbauan untuk memimalisasi penggunaan uang kertas dan beralih ke transaksi online karena uang baik logam maupun kertas juga bisa menjadi medium penularan virus.

Sesuai penelitian, droplet yang mungkin jatuh pada beberapa permukaan, masih bisa hidup hingga beberapa jam. Di atas permukaan kardus, misalnya, virus corona yang ada dalam droplet bisa hidup hingga 24 jam.

Anda pun memerlukan tips aman agar tak terpapar virus corona COVID-19 saat mengambil uang di ATM atau bank. Berikut tips tersebut, dikutip dari Entrepeneur.

2 dari 2 halaman

Tips Aman Ambil Uang di ATM saat Pandemi Virus Corona

1. Saat keluar rumah pastikan membawa alat pembersih, seperti hand sanitizer atau tisu basah.

2. Jangan memasuki ruang ATM jika ada orang lain yang sedang menggunakan.

3. Hindari menyentuh wajah, mulut, dan hidung saat bosan menunggu antrean.

4. Kurangi menyentuh benda apa pun di bank atau ruang ATM.

5. Pertahankan jarak satu meter dari orang lain di bank atau ruang ATM.

6. Jika bertemu orang atau karyawan yang dikenal, hindari jabat tangan. Cukup tersenyum saja atau dengan membungkukkan badan.

7. Jika batuk atau bersin, tutupi mulut anda dengan tisu atau siku.

8. Jika menggunakan tisu, segera buang ke tempat sampah.

9. Lebih baik gunakan metode pembayaran online untuk semua transaksi.

 

Sumber: Entrepeneur

Video Populer

Foto Populer