Sukses


7 Pencegahan Umum yang Perlu Ibu Hamil Ketahui di Masa Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Selama pandemi COVID-19, semua orang tetap harus waspada untuk melindungi diri dari terpapar COVID-19, termasuk ibu hamil. Seperti diketahui, sistem kekebalan tubuh wanita berubah saat kehamilan, yang dapat membuat mereka berisiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi jika terkena COVID-19.

Untuk menurunkan risiko penularan COVID-19, ibu hamil dianjurkan memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, ibu hamil dianjurkan rutin memeriksakan kehamilan.

Pastikan ibu hamil mendapatkan triase ketika ingin periksa di rumah sakit. Ibu hamil perlu menghindari virus corona dengan mendapatkan fasilitas terpisah dari pasien suspek atau terkonfirmasi COVID-19.

Rutin berkonsultasi dengan tenaga medis jika khawatir dengan kondisi kesehatan diri dan janin. Ibu hamil harus melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari terinfeksi COVID-19.

Perlu diperhatikan, gejala COVID-19 yang menjangkit ibu hamil bisa lebih parah daripada kelompok orang lain. Jadi, penting untuk mengambil tindakan pencegahan agar ibu tak tertular COVID-19.

Berikut tips pencegahan umum untuk ibu hamil ketika pandemi COVID-19, dikutip dari laman BNPB RI, Jumat (20/11/2020).

2 dari 2 halaman

Tips Pencegahan Umum untuk Ibu Hamil di Masa Pandemi COVID-19

  1. Jaga kebersihan tangan
  2. Gunakan hand sanitizer
  3. Etika ketika bersin atau batuk
  4. Jaga jarak
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Hindari sentuhan secara langsung
  7. Jaga asupan gizi

 

Sumber: Badan Nasional Penanggulan Bencana RI (BNPB)

Video Populer

Foto Populer