Sukses


40 Kata-Kata Nasihat Bijak Jadilah Bahagia, Bersukacitalah!

Bola.com, Jakarta - Kata-kata nasihat jadilah bahagia penting untuk kamu baca dan resapi. Dalam hidup, hampir semua orang menginginkan kebahagiaan. Hampir tak ada orang yang hidupnya tidak bahagia alias sengsara.

Dalam kata-kata nasihat bijak jadilah bahagia, akan memberimu berbagai sudut pandang untuk 'melihat' apa itu kebahagiaan dan bagaimana kamu mendapatkannya.

Ada banyak bentuk kebahagiaan atau sukacita, dan setiap orang tidak sama dalam mengartikan kebahagiaan itu. Ada yang melihat bahagia jika hidupnya berkelimpahan dari sisi materi, ada pula yang merasa penuh sukacita dengan menjadi apa adanya.

Satu yang pasti, jangan sampai dalam upayamu mendapatkan kebahagiaan tersebut, kamu justru merasakan ketakbahagiaan. Jangan sampai keinginanmu untuk bahagia justru membuatmu tidak menikmati kehidupan ini.

Ada banyak kata-kata nasihat bijak jadilah bahagia, untuk memberimu bahan perenungan dalam hidup sehingga kamu bisa memilih jalan terbaik dan mendapatkan sukacita tersebut.

Berikut kumpulan kata-kata nasihat jadilah bahagia, dinukil dari Spiritbutton, Rabu (27/10/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak Jadilah Bahagia

1. "Ketika pikiran murni, kegembiraan mengikuti seperti bayangan yang tidak pernah pergi." - Buddha

2. "Temukan kegembiraan dalam segala hal yang kamu pilih untuk dilakukan. Setiap pekerjaan, hubungan, rumah… Adalah tanggung jawamu untuk menyukainya, atau mengubahnya." - Chuck Palahniuk

3. "Berpartisipasilah dengan sukacita dalam kesedihan dunia. Kita tidak dapat menyembuhkan dunia dari kesedihan, tetapi kita dapat memilih untuk hidup dalam sukacita." - Joseph Campbell

4. "Jika kamu tidak bersenang-senang, temukan hal lain yang memberimu sedikit kegembiraan dalam hidup." - Penny Marshall

5. "Ketika kamu melakukan hal-hal dari jiwamu, kamu merasakan sebuah sungai bergerak di dalam dirimu, suatu kegembiraan." - Rumi

6. "Terkadang kegembiraanmu adalah sumber senyummu, tetapi terkadang senyummu bisa menjadi sumber kegembiraanmu." - Thich Nhat Hanh

7. "Sukacita mekar di mana pikiran dan hati terbuka." - Jonathan Lockwood Huie

8 "Esensi hidup bukanlah pada kemenangan besar dan kegagalan besar, tetapi pada kebahagiaan sederhana." - Jonathan Lockwood Huie

9. "Optimis menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil. Mereka lebih mementingkan memiliki banyak kesenangan kecil daripada memiliki satu kebahagiaan besar." - Robert M. Sherfield

10. "Sukacita terletak pada perjuangan, dalam upaya, dalam penderitaan yang terlibat, bukan pada kemenangan itu sendiri." - Mahatma Gandhi

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak Jadilah Bahagia

11. "Saya mendefinisikan kegembiraan sebagai rasa kesejahteraan dan kedamaian internal yang berkelanjutan – hubungan dengan hal-hal yang penting." - Oprah Winfrey

12. "Kegembiraan hidup berasal dari pertemuan kita dengan pengalaman baru, dan karenanya tidak ada kegembiraan yang lebih besar daripada memiliki cakrawala yang terus berubah, karena setiap hari memiliki matahari yang baru dan berbeda." - Christopher McCandless

13. "Hidup adalah serangkaian saat-saat menyakitkan atau menyenangkan, yang mengikuti satu sama lain dalam siklus tanpa akhir. Kapan pun rasa sakit menghampiri kita, satu-satunya keselamatan kita adalah mencari tempat yang indah, gembira, dan damai. Di mana pun ada sukacita, jiwa kita bisa sembuh."14. "Sukacita memiliki sesuatu yang sangat murni dan polos tentangnya. Ini adalah perasaan yang mengingatkan kita pada kepolosan masa kanak-kanak dan semua kesenangannya yang tak ada habisnya. Pikiran yang murni, terbuka terhadap pesona dunia, dapat menemukan kegembiraan di mana-mana."

15. "Jiwa yang mampu mencintai juga mampu merasakan kebahagiaan dan kegembiraan yang luar biasa. Sukacita adalah jalan yang mengarah pada cinta dan kebahagiaan. Begitu kita mengabdikan diri untuk menumbuhkan kegembiraan, kita menemukan bahwa kita dikelilingi oleh cinta."

16. "Hidup memberi kita banyak alasan untuk marah atau sedih, namun kita memiliki kekuatan untuk mengubah setiap momen negatif menjadi kenangan yang indah, hanya dengan memutuskan untuk mengungkapkan kegembiraan batin kita dan membiarkan kegembiraan kita menguasai dunia. Sukacita adalah obat dari penyakit jiwa."

17. "Selain peluang yang diberikan kehidupan kepada kita atau tidak, kita bertanggung jawab atas pilihan kita sendiri. Jika kita menginginkan kehidupan yang bahagia, kita perlu membuat pilihan yang dapat membawa kita ke sana. Kita perlu bersemangat tentang pekerjaan atau hubungan kita, jika tidak, kita tidak dapat merasakan kegembiraan hidup."

18. "Kita mencari kegembiraan karena itu akan menjadi ramuan ajaib dan terkadang kita menghubungkannya dengan tujuan atau pencapaian yang berbeda. Yang benar adalah bahwa kegembiraan bukan milik dunia material dan pragmatis. Ini adalah wilayah terdalam hati kita, yang dapat kita kunjungi kapan pun kita mau."

19. "Setiap kali kita merasa tertekan karena keadaan hidup kita, kita harus ingat bahwa itu adalah kekuatan kita untuk mengubah banyak hal. Jika hidup tidak lagi memberi kita sukacita, kita harus mencari kegiatan atau tempat di mana sukacita masih memungkinkan."

20. "Pengalaman kita tentang dunia ditentukan oleh cara kita memandang sesuatu. Kita dapat memilih untuk berkutat pada kesedihan atau melawannya melalui kegembiraan. Kita dapat memutuskan untuk sedih tentang hal-hal buruk atau memfokuskan energi kita untuk merayakan hal-hal baik."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak Jadilah Bahagia

21. "Hidup memiliki potensi untuk menjadi luar biasa begitu kita berkonsentrasi untuk menguraikan semua seluk-beluk, nuansa, dan detailnya yang indah. Jika kita memperhatikan, kita dapat menemukan sukacita dan kegembiraan dalam hal-hal yang paling sederhana atau dalam pengalaman yang paling biasa."

22. "Ada orang yang selalu pemarah, bahkan ketika hal-hal baik terjadi pada mereka, sementara ada orang yang memancarkan kegembiraan dan kebaikan, tidak peduli kesulitan yang mereka hadapi. Rahasianya adalah bahwa orang-orang yang menyebarkan kegembiraan malah menerima lebih banyak kegembiraan."

23. "Salah satu sumber kebahagiaan yang paling kaya adalah tenggelam sepenuhnya dalam suatu kegiatan dan mencurahkan seluruh jiwa dan bakat kita ke dalamnya. Kegembiraan menciptakan atau mencapai sesuatu dapat memberi kita dorongan kekuatan yang luar biasa."

24. "Sukacita adalah salah satu harta yang, secara paradoks, berlipat ganda setiap kali dibagi. Ketika kita berbagi kegembiraan kita, kita tidak kehilangannya, tetapi benar-benar menyaksikannya tumbuh lebih kuat dan lebih besar. Itu terjadi karena, seperti halnya cinta, kegembiraan berarti koneksi dan kebahagiaan bersama."

25. "Kegembiraan kita melahirkan senyuman kita, namun terkadang senyuman kita memiliki kekuatan untuk mengundang kegembiraan ke dalam hidup kita. Dengan tersenyum pada dunia, kita menyambut kegembiraan dan melipatgandakannya. Senyum adalah kebahagiaan bersama."

26. "Kemampuan untuk merasakan kegembiraan adalah salah satu aset terbesar kita karena memungkinkan kita untuk mengalami hidup sebagai petualangan yang luar biasa dan dunia sebagai rumah yang ramah. Sukacita memurnikan persepsi kita, membuat kita menerima detail ilahi kehidupan."

27. "Sukacita adalah perasaan yang sangat kuat sehingga jarang dapat dikomunikasikan melalui kata-kata. Kegembiraan lebih baik diungkapkan melalui tarian, nyanyian, tawa, atau cara lain yang meneriakkan tentang kebebasan, gairah, dan kebahagiaan."

28. "Banyak pelajaran yang bisa diambil dari alam. Misalnya, untuk mencari kesenangan atas pencapaian atau pertumbuhan bukan untuk membuat orang lain terkesan, tetapi untuk diri kita sendiri. Bunga tidak peduli jika mereka dikagumi, kegembiraan kecantikan mereka adalah pemenuhan alami dari takdir mereka."

29. "Kita mengenali kegembiraan dengan mudah karena itu seperti arus atau badai yang mengubah dunia batin kita. Kesenangan adalah keadaan dangkal yang menghilang bersamaan dengan sumbernya, sedangkan kegembiraan adalah perasaan yang kuat, mandiri, dan sangat pribadi."

30. "Hidup kadang-kadang tampak begitu rumit, tetapi dibutuhkan sedikit untuk menemukan kesederhanaan dan kegembiraan. Hanya dengan memutuskan untuk mencari dan berbuat baik, memperhatikan setiap momen, dan memupuk pemikiran positif, kita mengubah setiap hari menjadi kebahagiaan."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak Jadilah Bahagia

31. "Sukacita adalah perasaan yang rapuh dan sayangnya, pikiran kita terkadang menyabotase kita. Ketika hati kita dipenuhi dengan kegembiraan, otak kita mungkin mencoba trik licik pada kita, seperti membuat kita membandingkan kegembiraan atau pencapaian kita dengan orang lain. Tidak ada yang lebih merusak kebahagiaan daripada membanding-bandingkan."

32. "Salah satu hal terbesar tentang sukacita adalah bahwa hal itu menular. Orang-orang yang ceria menyebarkan kegembiraan di sekitar mereka, seolah-olah mereka akan menawarkannya sebagai hadiah. Mereka melihat kegembiraan di mana-mana dan mereka melipatgandakannya dengan keberadaan mereka sendiri."

33. "Sukacita adalah ukuran hidup yang bahagia dan sehat. Itu bukan hanya ukuran kebahagiaan kita, tetapi juga ukuran empati dan ketidakegoisan kita, karena itu adalah nilai yang kehilangan kekuatannya ketika kita mengisolasinya dari orang lain. Sukacita adalah pemberian kita dari Tuhan dan karunia yang dapat kita berikan kepada orang lain."

34. "Beberapa orang tampak gembira secara alami, sementara yang lain bahkan tidak dapat memahami apa itu sukacita. Kemampuan untuk merasakan kegembiraan adalah fungsi dari hati kita. Ketika hati dan pikiran kita terbuka terhadap keindahan hidup yang menawan, kita melepaskan kegembiraan batin kita."

35. "Rahasia orang-orang yang bahagia dan optimis adalah bahwa mereka sangat menghargai kegembiraan kecil dalam kehidupan sehari-hari, membuat setiap hari tampak istimewa. Mereka tidak mengikat kegembiraan mereka dengan tujuan atau pencapaian yang jauh, tetapi memanfaatkan setiap momen sebaik-baiknya."

36. "Sukacita sering dikaitkan dengan kesuksesan, tetapi tidak sebagaimana mestinya. Kegembiraan bukan hanya milik pemenang, tetapi milik semua orang yang mencoba dan berjuang, yang mengerahkan segenap hati mereka ke dalam proyek atau tujuan, hanya demi memperbaiki diri dan menawarkan sesuatu kepada dunia."

37. "Sebagian besar dari kita salah mengharapkan hal-hal untuk membawa kita sukacita dan membuat kita bahagia. Yang benar adalah sukacita itu tidak pernah datang dari luar, sumber-sumber yang tidak bernyawa. Itu selalu hidup di hati orang-orang dan kita hanya dapat menemukannya pada kita atau orang-orang di sekitar kita."

38. "Ada saat-saat dalam hidup ketika, diliputi oleh stres dan rutinitas, kita kehilangan kegembiraan. Untuk melawan momen-momen ini, kita harus mencari pengalaman baru dan pelajaran baru. Sukacita datang dari hal-hal baru, penemuan yang penuh gairah, dan rasa ingin tahu."

39. "Ada banyak tips dan trik untuk hidup, dan salah satunya adalah jika kita ingin menjaga kebahagiaan kita tetap hidup, kita harus membaginya dengan semua orang yang kita cintai. Sukacita adalah saluran yang membuat hati saling berkomunikasi dan hubungan inilah yang membantu sukacita tumbuh."

40. "Sukacita dan cinta saling menopang tanpa henti. Hati yang penuh cinta memancarkan kegembiraan sementara kegembiraan berbicara tentang cinta. Cinta memberi kita alasan yang tak ada habisnya untuk bersukacita dan membuat kita ingin berbagi kegembiraan dengan seluruh dunia."

 

Sumber: Spiritbutton

Dapatkan artikel kata-kata nasihat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Bola Babes: Ketemu Langsung Jonatan Christie dan Marko Simic! Ini Sifat Asli Mereka

Video Populer

Foto Populer