Sukses


Manfaat Olahraga Angkat Beban yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Angkat beban merupakan satu di antara olahraga gym yang sangat populer. Tak bisa dimungkiri, banyak orang yang melakukan angkat beban demi mendapat bentuk tubuh yang ideal dan keren.

Itulah mengapa olahraga angkat beban kerap dihubungkan dengan orang yang berprofesi sebagai binaraga. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang yang memilih angkat beban sebagai olahraga yang bisa membuat tubuh bugar.

Dengan rutin melakukan latihan angkat beban, otot menjadi lebih kuat. Hal itu karena latihan angkat beban akan menyasar pada sekelompok otot, sesuai gerakan yang dilakukan.

Tidak hanya itu, melakukan angkat beban memberikan beragam manfaat. Apa saja manfaat yang didapat saat melakukan angkat beban?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat olahraga angkat beban yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (17/12/2021). 

2 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Angkat Beban

1. Turunkan Berat Badan

Dalam sebuah studi menunjukkan, orang yang melakukan olahraga angkat beban empat kali seminggu selama 18 bulan memiliki penurunan lemak tubuh yang lebih besar daripada mereka yang tidak berolahraga atau hanya melakukan latihan aerobik.

Hal itu terjadi karena pembentukan otot akan membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh, antara lain basal metabolic rate (BMR).

BMR mengacu pada jumlah kalori yang dibakar selagi Anda beristirahat. Selain itu, pembentukan masa otot membantu pembakaran lemak menjadi lebih efektif.

2. Kesehatan Tulang Lebih Optimal

Sejak usia 30 tahun, tubuh akan kehilangan masa tulang sedikit demi sedikit setiap tahunnya. Latihan angkat beban bisa menjadi solusi karena terbukti mampu melindungi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Dalam sebuah penelitian juga mengatakan bahwa melakukan strength training seperti angkat beban sebanyak dua kali seminggu selama 30 menit per sesi akan memperbaiki kepadatan, struktur, dan kekuatan tulang pada wanita yang sudah menopause.

3 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Angkat Beban

3. Keseimbangan yang Lebih Baik

Latihan angkat beban membantu melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh, terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia dan memiliki risiko jatuh lebih besar.

Berdasarkan studi, latihan angkat beban dapat mengurangi risiko jatuh hingga 40 persen.

4. Tubuh Kencang dan Berotot

Bagi Anda yang ingin memiliki badan ideal, olahraga angkat beban bisa menjadi jawaban. Dalam sebuah penelitian mengatakan, angkat beban yang dilakukan secara rutin dan teratur terbukti mampu membentuk tubuh dan otot, juga membantu memperbaiki postur tubuh.

Dengan adanya manfaat tersebut, angkat beban terbukti efektif dalam mencegah kejadian sarkopenia alias kehilangan massa otot di usia senja.

4 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Angkat Beban

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Latihan angkat beban dapat meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini mungkin berkaitan dengan beberapa faktor, seperti memiliki berat badan yang ideal serta bentuk dan postur tubuh yang baik.

Dengan memiliki body image yang baik, rasa percaya diri pastinya ikut meningkat.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Olahraga angkat beban diketahui dapat meningkatkan hormon yang berperan dalam pembentukan sel otak baru, yaitu brain-derived neurotrophic factor.

Tidak hanya itu, manfaat olahraga angkat beban bagi pria dipercaya dapat menambah daya ingat. Syaratnya, dilakukan secara rutin dan intens. Pada akhirnya, fungsi otak yang baik dapat meningkatkan kualitas berpikir.

5 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Angkat Beban

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Waktu tidur sangat diperlukan tubuh untuk mengisi energi kembali setelah seharian beraktivitas. Faktanya, melakukan olahraga angkat beban diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur.

Pada sebuah hasil penelitian ditemukan bahwa orang yang rutin angkat beban sebanyak tiga kali dalam seminggu, mengalami peningkatan kualitas tidur hingga 65 persen.

8. Mengurangi Stres

Selain kesehatan fisik, olahraga angkat beban dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Menurut The International Journal of Sport Medicine, orang yang olahraga angkat beban selama dua minggu mengalami penurunan hormon kortisol.

Hormon kortisol merupakan hormon yang berperan menyebabkan stres. Di sisi lain, saat melakukan angkat beban, terjadi peningkatan kadar hormon yang mengatur rasa senang, motivasi, dan percaya diri, yaitu endorfin.

6 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Angkat Beban

9. Menjadi Lebih Kuat

Seiring makin bertambahnya kekuatan otot maka kekuatan tubuh secara keseluruhan juga akan meningkat. Dengan melakukan latihan yang konsisten, aktivitas fisik sehari-hari jadi terasa lebih mudah karena kekuatan tubuh juga meningkat.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang dapat menurun karena berbagai penyebab. Akan tetapi, orang yang teratur melakukan latihan angkat beban akan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

Oleh karena itu, lakukan latihan angkat beban secara teratur agar tulang kuat dan mendukung kesehatan tubuh di masa tua nanti.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 2/12/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer